Mei 25, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Eurovision: Zelensky dari Ukraina harus membahas kontes tersebut, kata Rishi Sunak

Eurovision: Zelensky dari Ukraina harus membahas kontes tersebut, kata Rishi Sunak

  • Oleh Paul Seddon
  • Wartawan politik

sumber gambar, Gambar Getty

keterangan foto,

Volodymyr Zelensky bertemu Rishi Sunak selama perjalanan ke Downing Street pada bulan Februari

Rishi Sunak kecewa karena Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky tidak diizinkan berpidato di Eurovision tahun ini, kata juru bicaranya.

Dan regulator, European Broadcasting Union (EBU), mengatakan itu akan melanggar kenetralan politiknya.

Tapi Downing Street mengatakan akan “pantas” bagi Zelensky untuk berbicara sehubungan dengan invasi Rusia ke negaranya.

Pemimpin buruh Sir Keir Starmer juga menyerukan agar pemimpin Ukraina itu diizinkan berpidato.

Ukraina seharusnya menjadi tuan rumah Eurovision tahun ini, tetapi malah diadakan di Liverpool setelah invasi Rusia tahun lalu.

Dilaporkan bahwa Mr. Zelensky ingin tampil di video pada pertandingan terakhir kompetisi pada hari Sabtu, untuk penonton global yang diharapkan sebanyak 160 juta orang.

Namun dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis, serikat penyiaran mengatakan telah menolak permintaan dari presiden Ukraina untuk berbicara di acara tersebut, meskipun “niat baiknya”.

Dia menambahkan, “Kontes Lagu Eurovision adalah pertunjukan hiburan internasional dan diatur oleh aturan dan prinsip yang ketat.”

“Sebagai bagian dari ini, salah satu pilar kontes adalah sifat non-politis dari acara tersebut. Prinsip ini melarang kemungkinan pernyataan politik atau serupa dibuat sebagai bagian dari kontes.”

nilai dan kebebasan

EBU menambahkan bahwa agen desain Ukraina terlibat dalam merancang karya seni untuk acara tersebut, dan 11 seniman Ukraina, termasuk pemenang Kalush Orchestra tahun lalu, akan tampil.

Namun dia menambahkan bahwa perdana menteri tidak memiliki rencana untuk campur tangan dan meminta penyiar untuk berubah pikiran.

Duta Besar Ukraina untuk Inggris, Vadym Prystaiko, mengatakan final kompetisi akan menjadi “momen hebat” bagi Zelensky untuk berpidato di depan banyak orang.

Namun, berbicara kepada PA Media, dia menambahkan: “Kami memahami semua politik internal dan pendekatan yang tidak memihak untuk menangani semua ini, itulah sebabnya kami tidak perlu memaksakan diri.”

keterangan foto,

Ukraina akan diwakili pada kontes tahun ini oleh duo pop Nigeria-Ukraina TVORCHI

Dalam sebuah pernyataan, pemimpin Partai Buruh Sir Keir Starmer mengatakan: “Sangat penting bagi kita semua untuk terus menjaga penderitaan rakyat Ukraina di depan dan di tengah saat mereka menentang agresi Rusia atas nama kita semua.

“Eurovision adalah ekspresi persatuan dan kebebasan internasional, dan Presiden Zelensky harus dapat mengatasinya sebagai advokat yang hebat untuk keduanya.”

Larangan Rusia

EBU awalnya mengatakan akan mengizinkan Rusia untuk berpartisipasi di final 2022, setelah mereka menginvasi Ukraina dua bulan lebih awal dari yang dijadwalkan di Italia.

UA: PBC, penyiar publik Ukraina, serta dari Islandia, Finlandia, Norwegia, dan Belanda, menyerukan agar Rusia dilarang.

“Benar untuk mendengar” darinya selama final hari Sabtu, kata Boris Johnson, yang merupakan perdana menteri Inggris selama invasi Rusia dan mengawasi tanggapan awal Inggris.