Oktober 3, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Dua galaksi yang bertabrakan membentuk segitiga luar angkasa yang tidak biasa

Dua galaksi yang bertabrakan membentuk segitiga luar angkasa yang tidak biasa

Tabrakan langsung antara dua galaksi memicu hiruk-pikuk pembentukan bintang, menciptakan “segitiga eksentrik dari bintang yang baru dipoles,” menurut siaran pers NASA.

Pasangan galaksi yang berduel secara kolektif disebut Arp 143. Galaksi di pusat segitiga bintang adalah galaksi yang dikenal sebagai NGC 2445, terbenam dalam gas penyebab kelahiran bintang, dan pasangannya yang kurang bercahaya adalah NGC 2444.

NASA menyarankan galaksi melewati satu sama lain, memicu badai bintang meledak menjadi kehidupan di galaksi NGC 2445.

“Simulasi menunjukkan bahwa tabrakan langsung antara dua galaksi adalah salah satu cara untuk membentuk cincin bintang baru,” kata astronom Julian Dalcanton dari Center for Computational Astrophysics di New York City dan University of Washington di Seattle dalam siaran pers. .

“Cincin pembentukan bintang tidak jarang. Namun, yang aneh tentang sistem ini adalah bahwa itu adalah segitiga pembentukan bintang. Sebagian alasan untuk bentuk ini adalah bahwa galaksi-galaksi ini masih sangat dekat satu sama lain dan NGC 2444 adalah masih menempel pada gravitasi galaksi lain.” “

NASA mengatakan kedua galaksi sedang melakukan tarik ulur, di mana NGC 2444, tidak dikelilingi oleh segitiga bintang, tampaknya menjadi pemenangnya.

“NGC 2444 mungkin juga mengandung halo gas panas tak terlihat yang dapat membantu menarik gas NGC 2445 menjauh dari intinya. Jadi mereka belum sepenuhnya bebas satu sama lain, dan interaksi mereka yang tidak biasa mendistorsi cincin di segitiga ini,” kata Dalcanton. . .

NGC 2444 juga bertanggung jawab untuk menarik filamen gas dari mitranya, menarik bintang biru muda yang tampaknya membentuk jembatan antara dua galaksi.

Meskipun sebagian besar gerakan terjadi di NGC 2445, galaksi lain dalam pasangan yang berinteraksi telah diregangkan menjadi bentuk yang aneh. Galaksi ini berisi bintang-bintang tua dan tidak ada pembentukan bintang baru.

READ  Roket Berat Delta 4 Meluncurkan Satelit Mata-mata pada Penerbangan Terakhir Pantai Barat

Teleskop Luar Angkasa Hubble adalah kolaborasi antara NASA dan Badan Antariksa Eropa.