Alor Semarak.News | KELUARGA besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Alor, menggelar acara Dies Natalis memperingati berdirinya HMI ke 72 Tahun. Acara seremonial itu berlangsung di Aula MTs Negeri Kalabahi, di Bungawaru Kelurahan Kalabahi Timur Kecamatan Teluk Mutiara, Sabtu, (9/2/19) malam.

Kegiatan tersebut, diisi dengan pembagian piagam penghargaan kepada kader-kader HMI yang juara dalam lomba menulis artikel, opini dan cerdas cermat.

Ketua Umum HMI Cabang Alor Pahlawan Minta dalam sambutannya mengatakan, dalam sejarahnya, HMI telah membuktikan dirinya sebgai organisasi yang progres dan revolusioner dengan memberikan kontribusi untuk bangsa. Namun hal ini telah memudar dengan berbagai tantangan di era modern. Oleh karenya, HMI sudah saatnya kembali ke khittah perjuangan yang sebenarnya.

Foto: Acara Dies Natalis HMI ke 72 Tahun di Aula MTs Negeri Kalabahi (doc. joka)

HMI, kata Pahlawan Minta, harus kembali memposisikan diri sebagai orgnaisasi perjuangan dan mengambil peran penting dalam upaya konsolidasi para intelektual muda sebagai manivestasi masa depan. “HMI harus sebagai motor penggerak dalam menjalankan misi keislaman dan keindonesiaan seperti apa yang menjadi cita-cita awal terbentuknya,” ujarnya.

Ia menyebutkan, HMI juga sebagai poros dalam proses kaderisasi. “Kaderasasi adalah jantung dalam sebuah organisasi, sehingga terus melahirkan para intelektual muda yang pada akhirnya menjadi pemimpin bangsa,” ungkapnya.

Ketua HMI Pahlawan Minta menyampaikan pesan spritual sesuai dgan hari lahir dan usia HMI ke 72, yakni 5-2-1947 s.d 5-2-2019. Pesan tersebut, sebagaimana dalam qur’an surat (5:2), dengan memberikan pelajaran penting adalah tolong menolong dalam membuat kebaikan dan jangan tolong menolong dalam kejahatan.

Ia menghimbau, sebagai makhluk sosial, tentu menjadi sebuah keniscayaan yang senantiasa terpatri dalam diri setiap manusia, akan bagaimana kita saling tolong menolong untuk berbuat baik dan bukan membuat perpecahan, saling memprovokasi serta menyebarkan berita bohong.

“Qur’an surat (19:47) yang menyerukan untuk bertaubat. Dalam setiap tindakan baik secara individu maupun organisasi, tentu setiap kita memiliki salah dan khilaf dalam bertindak. Karena itu, hal ini menjadi sebuah kewajaran bagi insan yang dhoif,” ujarnya lagi.

Namun, kata dia, tidak bisa dilarutkan, apalagi sampai merasa nyaman. “Mari kita semua intropeksi diri dalam kita menjalani kehidupan baik untuk diri kita maupun organisasi dan bangsa. Karena semua gerakan aktivisme kita pada hakikatnya adalah menuju jalan Allah,” ucapannya.

Dalam Qur’an surat (7:2), lanjutnya, makna yang tersirat di dalamnya adalah teruslah berdakwah dan menyebar kebaikan. Hal ini tentu menjadi tanggung jawab dalam diri kader HMI. Sesuai dengan yang diamantkan dalam tujuan HMI yang semata-mata untuk mewujudkan masyarkat adil dan makmur.

Adil dan makmur yang di Ridhai Allah SWT. Dan akhirnya saya mengucapkan selamat milad HMI yang ke 72, semoga senantiasa menjadi yang terbaik untuk umat dan bangsa,” ujar Pahlawan menutup sambutannya.

Wakil Bendahara Umum PB HMI Adnan Tolang menyatakan, meskipun dirinya sebagai pengurus pusat, namun saat ini hadir sebagai bagian dari HMI Cabang Alor.

Adnan menyatakan, sejak HMI berdiri, organisasi ini juga eksis dalam perjuangan kemerdekaan RI dengan melawan penjajah. Dia berpesan agar kader HMI terus eksis dan turut berpartisipasi memberikan kontribusi bagi pembangunan Indonesia. “Kontribusi tersebut paling tidak turut memikirkan bagaimana kemajuan Bangsa Indonesia,” tuturnya.

Senior HMI yang juga anggota KAHMI Alor, Irwan Abdul Kadir mengatakan, usia HMI saat ini sudah cukup matang. Dia mengatakan, HMI hadir dengan salah satu alasan adalah terjadi kebekuan berpikir yang berakibat pada tidak adanya kemajuan.

Baginya, organisasi HMI hari ini masih tertidur, padahal ruang kebebasan berserikat, kebebasan menyampaikan pendapat sangat terbuka. “Oleh karena itu, kader HMI dan juga OKP lainnya, harus terus menyuarakan demi kebenaran dan keadilan bagi masyarakat,” imbuhnya.

Seperti pantauan wartawan, hadir dalam kesempatan itu, pimpinan organisasi kepemudaan lainnya seperti, Ketua GMNI Imanuel Mau Dollu, Ketua IMM Jamra Lapung, Ketua GMKI Nando Paut, Ketua KNPI Zakarias Mautuka dan Ketua PMKRI Erik Lauata.

Turut hadir, para senior HMI, Ketua KPU Alor Maria Goreti Padu Keray beserta anggota komisioner KPU Alor. *(Joka)

LEAVE A REPLY