Februari 28, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Di Jerman yang dilanda inflasi, pemogokan upah besar-besaran telah melumpuhkan transportasi

Di Jerman yang dilanda inflasi, pemogokan upah besar-besaran telah melumpuhkan transportasi

BERLIN/FRANKFURT (Reuters) – Pemogokan massal di Jerman akan dimulai pada Senin pagi, melumpuhkan angkutan massal dan bandara dalam salah satu pemogokan terbesar dalam beberapa dasawarsa ketika ekonomi terbesar Eropa bergulat dengan tingkat inflasi virus corona yang melonjak.

Pada jam-jam menjelang pemogokan, kedua belah pihak bertindak terlalu jauh, dengan bos serikat memperingatkan bahwa kenaikan upah yang besar adalah “masalah bertahan hidup” untuk tuntutan ribuan pekerja dan manajemen, dan tindakan yang dihasilkan “sangat berlebihan”.

Pemogokan, yang akan dimulai terutama tak lama setelah tengah malam dan memengaruhi layanan sepanjang hari Senin, adalah yang terbaru dalam beberapa bulan aksi industri yang melanda ekonomi utama Eropa karena kenaikan harga makanan dan energi mencapai standar hidup.

Jerman, yang sangat bergantung pada Rusia untuk gas sebelum perang di Ukraina, terpukul keras oleh tingkat inflasi yang tinggi karena mencari sumber energi baru, karena tingkat inflasi telah melampaui rata-rata zona euro dalam beberapa bulan terakhir.

Harga konsumen Jerman naik lebih dari yang diharapkan pada bulan Februari – naik 9,3% dari tahun sebelumnya – menunjukkan bahwa tekanan biaya keras yang telah coba dijinakkan oleh ECB dengan serangkaian kenaikan suku bunga tidak akan mengecewakan.

Itu adalah penyesuaian yang menyakitkan bagi jutaan pekerja di seluruh negeri karena biaya segala sesuatu mulai dari mentega hingga sewa naik setelah bertahun-tahun dengan harga yang kurang lebih stabil.

“Ini masalah bertahan hidup bagi ribuan karyawan untuk mendapatkan kenaikan gaji yang besar,” kata Frank Wernke, kepala serikat pekerja Verdi, kepada Bild am Sonntag.

Prancis juga menghadapi serangkaian pemogokan dan protes sejak Januari, dengan kemarahan yang meningkat atas upaya pemerintah untuk menaikkan usia pensiun dua tahun menjadi 64 tahun.

READ  Jajak pendapat menunjukkan bahwa pemimpin Kazakh sedang menuju kemenangan besar dalam pemilihan

Tetapi para pejabat di Jerman telah memperjelas bahwa pertarungan mereka hanya tentang gaji.

Serikat pekerja Verdi bernegosiasi atas nama sekitar 2,5 juta karyawan di sektor publik, termasuk transportasi umum dan bandara. Serikat kereta api dan transportasi EVG sedang bernegosiasi untuk 230.000 karyawan perusahaan kereta api dan bus Deutsche Bahn (DBN.UL).

Verdi meminta kenaikan upah 10,5%, yang akan membuat upah naik setidaknya 500 euro ($538) per bulan, sementara EVG meminta kenaikan 12% atau setidaknya 650 euro per bulan.

Deutsche Bahn mengatakan pada hari Minggu bahwa pemogokan itu “sangat berlebihan, tidak berdasar dan tidak perlu”.

Majikan juga memperingatkan bahwa upah yang lebih tinggi untuk pekerja transportasi akan menghasilkan harga dan pajak yang lebih tinggi untuk menutupi selisihnya.

($1 = 0,9295 euro)

Pelaporan tambahan oleh Tom Sims dan Klaus Lauer. Diedit oleh David Holmes

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.