Oktober 2, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

A near-perfect Einstein ring from the galaxy JO418.

‘Cincin Einstein’ yang sangat sempurna ditangkap oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb

Cincin Einstein yang hampir sempurna di galaksi JO418 menonjol dalam gambar yang dibuat dengan data yang dikumpulkan oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA. (Kredit gambar: Spaceguy44)

(Buka di tab baru)

Agensi NASA Teleskop Luar Angkasa James Webb Ambil bidikan sempurna “Einstein’s Ring”. Halo yang menakjubkan adalah hasil cahaya dari galaksi jauh yang melewati ruang-waktu yang berputar di sekitar galaksi lain yang sejajar antara sumber cahaya yang jauh dan Bumi. Gambar baru, yang dibuat oleh penggemar astronomi di Reddit, adalah salah satu contoh terbaik dari tiga fenomena astronomi yang pernah ditangkap.

Cincin cahaya di gambar baru datang dari jauh galaksi SPT-S J041839-4751.8 (atau disingkat JO418), yang berjarak sekitar 12 miliar tahun cahaya dari Bumi, menjadikannya salah satu galaksi tertua di dunia. Semesta. JO418 sedang menuju tepat di belakang galaksi lain – cahaya biru terang di pusat cincin – yang begitu masif sehingga gravitasinya mendistorsi ruang-waktu di sekitarnya. Ketika cahaya dari JO418 mencapai galaksi latar depan, ia bergerak melalui ruang-waktu yang bengkok ini. Dari Bumi, tampak seolah-olah cahaya telah melengkung di sekitar galaksi, tetapi gelombang elektromagnetik yang kita lihat sebenarnya telah bergerak dalam garis lurus sepanjang waktu.