Juli 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

CEO BP Looney mengundurkan diri karena hubungan pribadi dengan rekan kerja

CEO BP Looney mengundurkan diri karena hubungan pribadi dengan rekan kerja

  • Looney akan segera mengundurkan diri
  • CFO Murray Auchincloss menjadi CEO sementara

LONDON (Reuters) – Chief Executive Officer British Petroleum (BP) Bernard Looney segera mengundurkan diri pada hari Selasa setelah kurang dari empat tahun menduduki jabatan utama perusahaan minyak tersebut karena gagal mengungkapkan sepenuhnya rincian hubungan pribadi masa lalu dengan rekan-rekannya, kata perusahaan itu. .

Perusahaan mengatakan CFO Murray Auchincloss akan mengambil alih posisi CEO untuk sementara.

Looney, 53 tahun, menjadi CEO pada bulan Februari 2020 dengan janji untuk menciptakan kembali perusahaan yang telah berusia 114 tahun, menetapkan rencana ambisius bagi raksasa energi Inggris untuk mencapai emisi nol bersih pada tahun 2050, dan menginvestasikan miliaran dolar pada energi terbarukan dan rendah karbon. . .

Pengunduran diri Looney yang tiba-tiba terjadi setelah munculnya tuduhan hubungan pribadi dengan rekan-rekannya di perusahaan baru-baru ini, sehingga mendorong perusahaan untuk melakukan penyelidikan.

Hal ini menyusul tuduhan serupa yang diselidiki oleh dewan pada Mei 2022. Selama peninjauan tersebut, Looney mengungkapkan “sejumlah kecil hubungan historis dengan rekan kerja sebelum menjadi CEO.”

Tidak ada pelanggaran kode etik perusahaan yang ditemukan pada saat itu, dan dewan direksi memperoleh jaminan dari Looney “mengenai pengungkapan hubungan pribadinya di masa lalu, serta perilakunya di masa depan.”

Looney mengatakan kepada dewan direksi BP pada hari Selasa bahwa dia belum sepenuhnya mengungkapkan rincian semua hubungan yang menyebabkan dia mengundurkan diri.

Saham BP di London naik 1% sebelum Financial Times mengumumkan pengunduran diri Looney. Sahamnya yang terdaftar di New York turun 1,5% ke posisi terendah intraday setelah berita tersebut.

Menemukan kembali BP

Auchincloss, 52 tahun, menjadi CFO pada Juli 2020 dan Looney telah membantu memandu perusahaan melewati tahun-tahun paling penuh gejolak dalam sejarah, mulai dari COVID-19 hingga keluarnya Rusia dengan cepat setelah invasi Ukraina tahun lalu, guncangan harga energi, dan krisis biaya hidup Globalisme.

READ  PacifiCorp mungkin berada di ujung tanduk untuk miliaran setelah keputusan juri dalam kebakaran hutan Oregon yang menghancurkan

Bernard Looney, CEO BP, berbicara dalam sesi Pameran Minyak Mesir ke-5 (EGYPS 2022) di ibu kota Mesir, Kairo, Mesir, pada 14 Februari 2022. REUTERS/Amr Abdallah Dalsh/File foto Memperoleh hak lisensi

Auchincloss, warga negara Kanada, memulai karirnya sebagai analis keuangan di Amoco, sebelum perusahaan tersebut diakuisisi oleh BP pada tahun 1998. Sejak saat itu, ia memegang beberapa posisi termasuk CFO untuk bisnis gas BP di Amerika Utara.

Awal tahun ini, BP mengurangi rencananya untuk mengurangi produksi minyak dan gas pada tahun 2030, menjadi 25% dari tingkat tahun 2019 dari 40% sebelumnya – yang masih merupakan penurunan produksi minyak dan gas paling radikal pada dekade ini di antara perusahaan-perusahaan minyak besar.

BP sedang berjuang untuk meyakinkan investor mengenai kemampuannya dalam meraih keuntungan kompetitif dari bisnis non-minyaknya.

Selama tiga tahun terakhir, kinerja saham BP lebih rendah dibandingkan kinerja pesaingnya di Eropa, Shell, serta pesaingnya di Amerika, Chevron dan Exxon Mobil.

Setelah membukukan rekor laba sebesar $28 miliar pada tahun 2022, pendapatan kuartal kedua BP turun 70% dari tahun sebelumnya menjadi $2,6 miliar, namun perusahaan minyak tersebut masih bisa meningkatkan dividennya sebesar 10%.

Tidak jelas apakah kepergian Looney akan membawa perubahan strategi.

“Bergantung pada CEO baru, BP secara teoritis dapat menunda rencana transisinya lebih lanjut,” kata analis Morningstar dalam sebuah catatan.

“Tetapi jika dewan menyukai tren saat ini, terlepas dari bagaimana harga sahamnya melemah, kemungkinan besar dewan akan menunjuk seseorang yang akan menjaga BP tetap pada jalur yang sama.”

Paket gaji Looney pada tahun 2022 meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi sekitar $12 juta didukung oleh keuntungan besar di tengah kenaikan harga energi, sementara emisi BP secara umum tidak berubah dari tahun sebelumnya.

READ  Pasar Asia jatuh lebih jauh karena reli pasar terhenti di Wall Street

BP mengatakan bahwa “belum ada keputusan yang diambil mengenai pembayaran gaji” kepada Looney.

Looney menggantikan Bob Dudley, yang memimpin BP setelah tumpahan Deepwater Horizon pada tahun 2010.

(Laporan oleh Anirudh Saligrama di Bengaluru dan Shadia Nasrallah di London – Persiapan oleh Muhammad untuk Buletin Bahasa Arab – Persiapan oleh Muhammad Al-Yamani untuk Buletin Bahasa Arab) Penyuntingan oleh Krishna Chandra Illuri dan Margarita Choi

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Memperoleh hak lisensimembuka tab baru

Sejak tahun 2014, Ron telah meliput perusahaan-perusahaan minyak dan gas terbesar di dunia, dengan fokus pada upaya mereka dalam melakukan transisi ke energi terbarukan dan rendah karbon serta gangguan yang dialami sektor ini selama pandemi COVID-19 dan setelah invasi Rusia ke Ukraina. Dia dinobatkan sebagai Reporter of the Year pada tahun 2014 dan 2021 oleh Reuters. Sebelum Reuters, Ron menulis tentang pasar saham di New York setelah krisis keuangan tahun 2008 setelah meliput konflik dan diplomasi di Timur Tengah untuk AFP di luar Israel.

Dia menulis tentang titik temu antara minyak korporasi dan kebijakan iklim. Dia menulis tentang politik, ekonomi, imigrasi, diplomasi nuklir, dan bisnis dari Kairo, Wina, dan tempat lain.