April 17, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Cara Menemukan Kacamata Gerhana Matahari Palsu Berbahaya yang Dijual di AS yang Dapat Menyebabkan 'Kebutaan Permanen'

Cara Menemukan Kacamata Gerhana Matahari Palsu Berbahaya yang Dijual di AS yang Dapat Menyebabkan 'Kebutaan Permanen'

Berita AS

Gerhana matahari

Kacamata gerhana matahari palsu buatan Tiongkok yang dapat menyebabkan penggunanya mengalami “gangguan penglihatan sementara” atau “kebutaan permanen” sedang dijual di Amerika Serikat, para pejabat telah memperingatkan.

American Astronomical Society baru-baru ini mengatakan bahwa mereka mempunyai bukti bahwa barang palsu yang berbahaya telah menyusup ke pasar, berpotensi menimbulkan bencana bagi puluhan juta orang yang berencana melakukan perjalanan ke zona gerhana matahari total, dan bagi jutaan orang lainnya yang akan menyelinap ke sana. puncak acara parsial di luar zona.

Bingkai yang mencurigakan tersebut meniru bingkai asli yang dibuat oleh County Qiwei Craft Co., dan dapat dengan cepat diketahui sebagai palsu karena warnanya tidak lebih gelap dari kacamata hitam biasa. AAS memperingatkan.

Kacamata hitam palsu juga menyusup ke pasar, pengecer nasional dan lain-lain
Organisasi-organisasi tersebut akan mendistribusikan sepasang real deal selama persediaan masih ada. Tim Short/Florida Hari Ini/Jaringan USA Today

Kacamata hitam asli harus “setidaknya 1.000 kali lebih gelap daripada kacamata hitam biasa yang paling gelap sekalipun,” saran Rick Feinberg, manajer proyek Satuan Tugas AAS Solar Eclipse.

Para pejabat memperingatkan bahwa kacamata yang sah juga harus memiliki sertifikasi Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO) pada bingkainya, meskipun mungkin juga palsu.

Kacamata asli seharusnya tidak memungkinkan penggunanya melihat apa pun pada hari yang cerah kecuali “mungkin pantulan matahari pada permukaan mengkilap atau genangan air, yang lagi-lagi akan tampak sangat redup”.

Jika kacamata lulus tes ini, pengguna harus melihat ke arah matahari sekitar satu detik dan memperhatikan apakah wajahnya tampak putih “cerah nyaman”, putih kebiruan, kuning, atau oranye, tergantung pada filter yang digunakan.

Tanpa pemberian yang jelas, kacamata hitam tersebut perlu diuji di laboratorium untuk memverifikasi keasliannya, kata para pejabat, dengan daftar barang yang disediakan. Penjual yang sah.

READ  Para ilmuwan mengatakan: Lubang hitam di Bima Sakti berputar hampir dengan kecepatan maksimum
Kacamata asli seharusnya tidak memungkinkan penggunanya melihat apa pun pada hari yang cerah kecuali “mungkin pantulan matahari pada permukaan mengkilap atau genangan air, yang lagi-lagi akan tampak sangat redup”. SARAH CLUBING/USA TODAY NETWORK-Wisconsin/USA TODAY NETWORK

Fienberg menyadari masalah ini setelah “seorang pria yang telah membeli ribuan kacamata gerhana dari distributor yang pernah ada dalam daftar kami” menghubungi agensi tersebut untuk memberi tahu mereka bahwa dia telah dirampok. Menurut majalah Scientific American.

AAS tidak memiliki perkiraan yang dapat diandalkan mengenai cakupan masalahnya, dan mencatat bahwa beberapa kacamata palsu terbukti efektif setelah pengujian.

“Pemantau surya yang aman memblokir semua kecuali sebagian kecil sinar ultraviolet, sinar tampak, dan inframerah (IR) matahari. Paparan sinar matahari yang berlebihan pada bagian spektrum ini dapat menyebabkan cedera mata serius mulai dari penglihatan ganda sementara hingga kebutaan permanen.

Negara Bagian New York menawarkan kacamata gerhana matahari gratis di perpustakaan kota dan di sepanjang rute transit. Saya suka New York

Jaksa Agung New York Letitia James juga membahas masalah ini pada hari Rabu jumpa pers.

“Ada risiko serius yang terkait dengan tidak menggunakan kacamata yang tepat ketika melihat langsung gerhana, oleh karena itu setiap orang harus mengikuti pedoman untuk memastikan kacamata gerhana matahari mereka legal dan aman untuk digunakan,” kata jaksa agung negara bagian tersebut.

Seorang juru bicara kantor James mengatakan kepada The Post bahwa dia belum menerima keluhan apa pun tentang kacamata palsu tersebut, namun “mencari tahu” jika ada pelanggar.

Warga New York dapat menghindari penipuan dengan mendapatkan kacamata gratis di perpustakaan mana pun di Kota New York, di stasiun kereta Moynihan, atau di tempat peristirahatan di sepanjang Thruway, yang menghubungkan ke zona gerhana total yang melintasi bagian barat dan jauh bagian utara New York pada hari Senin. sore.

Muat lebih banyak…