Juli 23, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Biden mendukung Israel terkait pengeboman rumah sakit di Gaza;  Israel menyatakan tidak akan menghalangi bantuan ke Gaza dari Mesir

Biden mendukung Israel terkait pengeboman rumah sakit di Gaza; Israel menyatakan tidak akan menghalangi bantuan ke Gaza dari Mesir

Israel mengatakan pihaknya tidak akan mencegah bantuan memasuki Gaza melalui Mesir setelah blokade yang berlangsung selama berhari-hari di wilayah Palestina yang telah memutus pasokan penting. Kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa keputusan itu dibuat berdasarkan permintaan dari Presiden Biden, yang mengunjungi Israel pada hari Rabu.

Kantor Netanyahu mengatakan bantuan Mesir harus dibatasi pada makanan, air dan obat-obatan untuk warga sipil di Gaza selatan dan akan diizinkan selama pasokan tidak sampai ke Hamas, yang menguasai Gaza. Israel menyatakan tidak akan mengizinkan bantuan masuk ke Gaza melalui perbatasannya selama Hamas tetap teguh Sandera.

Tidak jelas kapan bantuan yang sangat dibutuhkan akan memasuki Jalur Gaza melalui penyeberangan Rafah, satu-satunya koridor resmi antara Mesir dan Gaza. Tuan Biden berkata Pernyataan Tel Aviv pada hari Rabu Amerika Serikat bekerja sama erat dengan mitra-mitra regionalnya untuk memindahkan truk-truk tersebut “secepat mungkin.”

Pengumuman ini datang sehari setelah A Ledakan mematikan di sebuah rumah sakit di Gaza Yang menurut para pejabat di wilayah yang dikuasai Hamas menewaskan sedikitnya 500 orang. Tuan Biden melakukannya Mereka mendukung penolakan tegas Israel Dia mengaku bertanggung jawab atas ledakan tersebut, dan mengatakan bahwa data militer AS membuatnya menyimpulkan bahwa ledakan tersebut disebabkan oleh rudal Palestina, bukan serangan udara Israel.

Ledakan di Kota Gaza – yang dengan cepat disalahkan oleh para pemimpin Palestina dan negara-negara Arab tetangganya pada Israel – memperumit tugas yang sudah sulit bagi Biden di tengah meningkatnya ketegangan di wilayah tersebut dan kekhawatiran bahwa konflik antara Israel dan Hamas dapat menyebar.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyambut Presiden Biden selama kunjungannya ke Israel di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan Hamas, di Tel Aviv, Israel, 18 Oktober 2023.

Evelyn Hochstein/Reuters


Para pejabat Gaza mengatakan pemboman Israel di daerah kantong Palestina sejak Hamas menyerang warga sipil dan tentara Israel pada 7 Oktober telah menewaskan hampir 3.500 orang dan melukai lebih dari 12.000 lainnya, sebagian besar dari mereka adalah perempuan dan anak-anak.

Di Israel, para pejabat mengatakan serangan Hamas menewaskan sekitar 1.400 orang dan melukai 3.500 lainnya. Hamas dikatakan menahan hampir 200 orang Sandera13 warga Amerika masih hilang.

Di Tel Aviv pada hari Rabu, Biden menyatakan penyesalan atas serangan Hamas terhadap Israel pada tanggal 7 Oktober, dan berjanji bahwa dunia “tidak akan lagi berdiam diri dan tidak melakukan apa pun,” seperti yang dia katakan ketika orang-orang Yahudi dibantai dalam Holocaust.

Dia juga mengatakan bahwa “tidak ada prioritas yang lebih tinggi” baginya selain menjamin pembebasan sandera yang ditahan oleh Hamas.

READ  Wartawan Rusia Oksana Paulina tewas dalam pemboman di Kyiv