Jakarta,Semarak.news– Indonesia International Book Fair (IIBF) merupakan pameran buku yang sudah dilakukan sejak 1980 dan diselenggarakan oleh Ikapi. Pada tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ke 38 dilakukan, dan mengusung tema “Creative Work Towards the Culture of Literacy,” dan juga terdapat seminar bertema literasi hingga lomba untuk para siswa sekolah. Pameran berlangsung pada 12-16 September 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Pada tahun ini diikuti oleh 62 peserta dari Indonesia dengan 110 stand serta diikuti 34 peserta dari 17 negara. Tahun ini terdapat 500 penerbit dan akan memamerkan sekitar 7.000 judul buku berbahasa Indonesia dan buku impor. Buku tersebut bergenre fiksi termasuk novel, buku nonfiksi, buku anak, dan buku bertema agama.

Tahun ini terdapat hal yang menarik karena adanya zona kalap, yang dimana pengunjung akan mendapatkan buku dengan potongan harga mulai 50-80 persen. Hal itu bertujuan agar para pengunjung bisa memuaskan hasrat terhadap literasi, tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam. Syaratnya pun tidak ada, kita hanya perlu untuk masuk ke zona tersebut dan mengambil literasi yang kita inginkan. Dan perlu diketahui bahwa biaya masuk ke IIBF gratis.

Ikapi juga menargetkan adanya  45 hak cipta yang dapat terjual dalam penyelenggaraan Indonesia International Book Fair (IIBF) 2018 dan target pengunjung yang datang sebesar 100 ribu.

Untuk semakin memeriahkan pameran buku tahun ini, terdapat beberap tamu diantaranya Si Juki Faza Meonk, komikus Jasmine H Surkatty, Wakil Ketua Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Ricky Joseph Pesik dan novelis Shienny MS di hari sabtu (15/9). Tamu ini tidak terbatas pada itu saja dan masih banyak lagi bahkan dari negara tetangga seperti, Rilla Melati dari Singapura dan Alfredo Santos dari Filipina. (NCW)

LEAVE A REPLY