Surabaya, Semarak.News – Pemilih ganda sejumlah 300.297 orang pemilih ditemukan Bawaslu Provinsi Jawa Timur. Temuan ratusan ribu pemilih ganda tersebut diperoleh dari proses indetifikasi data yang dilakukan oleh Tim Software Bawaslu Jatim.

Komisioner Baswaslu Jatim Aang Kunaifi mengatakan bahwa jika pemilih ganda mayoritas penduduk Kabupten Malang, Sidoarjo, dan Lumajang.

“Kabupaten Malang (151.028 pemilih), Lumajang (60.365 pemilih), Sidoarjo (23.015 pemilih), dengan disusul beberapa daerah,” kata Aang Kunaifi kepada wartawan, Jumat (14/9/2018).

Aang menambahkan, sampai saat ini belum semua Panwaslu di kabupaten/kota se-Jawa Timur yang memberikan laporan analisis Daftar Pemilih Tetap (DPT) kepada Bawaslu Jatim.

“Artinya masih ada potensi jumlah pemilih ganda ini bertambah,”imbuhnya.

Bawaslu menargetkan penyelesaian masalah pemilih ganda ini harus tuntas sebelum proses rekapitulasi di tingkat provinsi. Selanjutnya, KPU Jatim akan melakukan rekapitulasi DPT pada Jumat-Sabtu (14-15/9/2018). Sementara rekapitulasi DPT secara nasional akan berjalan pada Senin (16/9/2018) mendatang.

“Penghapusan pemilih ganda hingga pembetulan NIK ganda dilakukan KPU kabupaten dan kota. Kalau tidak ditindaklanjuti, kami akan laporkan ini di rapat pleno rakapitulasi tingkat provinsi,” tukas Aang. (WW)

LEAVE A REPLY