Riyadh, Semarak.News – Sabtu (23/2/19) kemarin, Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS), melakukan kunjungan ke negeri berbahasa Mandarin, China. Mohammed bertemu dengan Presiden China, Xi Jinping, dalam rangka Tur-nya ke negara-negara di Asia.

Dalam kunjungannya, MBS melakukan kerja sama antara Arab Saudi dengan Republik Rakyat China dalam berbagai bidang, salah satunya bidang pendidikan. Arab Saudi memutuskan untuk memasukkan bahasa Mandarin atau China dalam kurikulum di semua tingkat pendidikan, baik di sekolah maupun di universitas negeri Ka’bah tersebut.

Perjanjiannya itu telah difinalisasi saat kunjungannya ke China kemarin.

Pengesahan bahasa Mandarin dalam kurikulum Saudi tersebut bertujuan untuk memperkuat kerja sama dan persahabatan kedua negara tersebut. Selain itu juga untuk memperdalam kemitraan strategis di semua tingkatan. Hal ini seperti yang dikutip dari Saudi Press Agency (SPA), Sabtu (23/2/2019).

Situs media Saudi itu juga mengatakan, dimasukkannya bahasa China dalam kurikulum akan meningkatkan keragaman budaya siswa di Kerajaan Saudi dan berkontribusi pada pencapaian tujuan nasional masa depan di bidang pendidikan di bawah Visi 2030.

“Penghargaan Pangeran Mohammed bin Salman untuk kerja sama budaya antara Kerajaan Arab Saudi dan Republik Rakyat China,” ujar Menteri Kebudayaan Kerajaan Arab Saudi Pangeran Badr bin Abdullah bin Farhan, saat mengumumkan pengesahan bahasa China dalam kurikulum pendidikan.

Ini adalah langkah penting untuk membuka cakrawala akademik baru bagi siswa dari berbagai tingkat pendidikan di Kerajaan. Belajar bahasa China sebagai jembatan antara pihak untuk berkontribusi pada peningkatan hubungan perdagangan dan budaya.

Kerja Sama Bidang Pertahanan dan Keamanan

Di saat yang sama, MBS mengatakan turut serta mendukung hak China untuk melakukan langkah-langkah “anti-terorisme” dan “de-ekstremisme”.

Dalam pembicaraannya dengan Xi Jinping, MBS memuji hubungan Saudi dengan China yang bebas dari masalah. Dikutip dari Xinhua, Minggu (24/2/2019), Xi mendesak upaya bersama untuk melawan ekstremisme dan terorisme.

Xi Jinping mengatakan kepada MBS bahwa kedua negara harus memperkuat kerja sama Internasional tentang deradikalisasi. Tujuan lainnya adalah untuk mencegah infiltrasi dan penyebaran pemikiran ekstremis.

MBS mengatakan Arab Saudi menghormati dan mendukung hak China untuk melindungi keamanannya sendiri dan mengambil langkah kontra-terorisme dan deradikalisasi. Dia bersedia meningkatkan kerja sama dengan Beijing. (PGS)

LEAVE A REPLY