Juni 13, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

AWS Amazon akan menginvestasikan $12,7 miliar di India pada tahun 2030

AWS Amazon akan menginvestasikan $12,7 miliar di India pada tahun 2030

Kredit gambar: Gambar Pedro Fiosa/NurPhoto/Getty

Grup e-niaga mengatakan pada hari Kamis bahwa Amazon berencana untuk menginvestasikan $12,7 miliar dalam bisnis cloud-nya di India pada tahun 2030, karena mendorong perluasan infrastruktur AWS di pasar luar negeri utama pada saat telah mengurangi beberapa layanan lain di wilayah tersebut. .

Raksasa AS, yang sebelumnya menginvestasikan $3,7 miliar dalam infrastruktur AWS di India dan saat ini mengelola dua wilayah pusat data di pasar Asia Selatan, mengatakan pengeluarannya akan mendukung 131.700 pekerjaan penuh waktu di berbagai peran seperti teknik, komunikasi, dan konstruksi.

Pengumuman hari Kamis merupakan peningkatan yang signifikan dalam strategi awal AWS. Raksasa cloud tersebut mengatakan sebelumnya bahwa mereka akan menginvestasikan $4,4 miliar pada AWS di ekonomi Asia Selatan.

India, pasar Internet terbesar kedua di dunia, telah mengalami lonjakan adopsi komputasi awan di berbagai industri dalam beberapa tahun terakhir, mencerminkan pertumbuhan yang kuat di sektor ini. Divisi cloud Amazon memegang posisi dominan di pasar, dengan daftar klien terkenal seperti Kementerian Elektronik dan Teknologi Informasi India, Axis Bank, HDFC Life, BankBazaar, Niti Aayog, PhysicsWallah, dan Acco.

Google, yang juga memiliki dua wilayah cloud di India, dan Microsoft, yang mengelola tiga wilayah, telah memperluas bisnis cloud mereka di negara tersebut dalam beberapa tahun terakhir. Pasar layanan cloud publik India diperkirakan akan mencapai $13 miliar pada tahun 2026, menurut peneliti IDC.

AWS berkomitmen untuk mendorong dampak sosial dan ekonomi yang positif di India. Selain membangun infrastruktur cloud dan membantu pelanggan dan mitra lokal bertransformasi secara digital, kami telah melatih lebih dari empat juta orang di India dalam keterampilan cloud sejak 2017, dan berinvestasi dalam enam proyek energi terbarukan berskala utilitas untuk mencapai 100% energi terbarukan global kami tujuan, kata Puneet Chandhuk. , Pemimpin Bisnis, AWS India dan Asia Selatan, dalam sebuah pernyataan: Pada tahun 2025.

READ  Pasar Eropa dibuka untuk ditutup, data, keputusan ECB

Dia menambahkan bahwa investasi yang direncanakan di AWS akan membantu menciptakan “efek pengganda yang lebih menguntungkan, mendukung India dalam perjalanannya untuk menjadi pusat kekuatan digital global.”

India adalah pasar luar negeri utama untuk Amazon, memompa lebih dari $6,5 miliar ke e-commerce untuk negara tersebut dalam dekade terakhir. Peningkatan tiga kali lipat dalam investasi AWS juga melebihi pengeluaran perusahaan untuk – dan komitmen untuk – ruang e-niaganya.

Pengumuman itu juga datang di tengah penutupan Amazon beberapa perusahaan di India, sebuah langkah yang membuat banyak analis bertanya-tanya apakah raksasa AS itu mengurangi kehadirannya di negara tersebut. Wal-Mart, pesaing global Amazon, juga menghabiskan lebih dari $2,5 miliar di India tahun ini.

“Visi Digital India Perdana Menteri Narendra Modi mendorong perluasan cloud dan pusat data di India,” kata Rajeev Chandrashekhar, Menteri Negara untuk Elektronika, Teknologi Informasi, Pengembangan Keterampilan, dan Kewirausahaan India.

“Infrastruktur inti cloud dan pusat data India adalah komponen penting dari infrastruktur dan ekosistem digital India. Saya menyambut baik investasi Amazon Web Services senilai $12,7 miliar untuk memperluas pusat data mereka di India. Ini pasti akan merangsang ekonomi digital India. MeitY juga sedang menyusun kebijakan Pusat data dan cloud untuk mendorong inovasi, keberlanjutan, dan pertumbuhan cloud India.”