November 27, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

green aurora waves over earth

Aurora borealis menciptakan lubang selebar 250 mil di lapisan ozon Bumi

Aurora borealis melepaskan pertunjukan cahaya yang menakjubkan di langit malam, tetapi juga menerangi penyebab lain penipisan ozon.

Meskipun manusia bertanggung jawab atas banyak penipisan lapisan ozon, pengamatan terhadap jenis aurora yang dikenal sebagai aurora borealis telah mengungkapkan penyebab penipisan ozon yang berasal dari luar angkasa: semburan matahari Dan ejeksi massa koronal Juga terus menggigit lapisan ozon. Sebelumnya, efek partikel-partikel ini hanya diketahui secara samar-samar.

Sekarang, tim peneliti internasional telah menemukan bahwa efek aurora yang terisolasi telah menyebabkan lubang selebar 250 mil (400 kilometer) di lapisan ozon, yang meledak di bawah tempat aurora terjadi. Sebagian besar ozon menghilang dalam waktu sekitar satu setengah jam. Para peneliti menjelaskan dalam penyataan.

Grafik ini menunjukkan jalur partikel berenergi tinggi dan bagaimana mereka dapat membuat lubang lokal di lapisan ozon bumi sambil juga melepaskan aurora borealis. (Sumber foto: Universitas Kanazawa)

Aurora proton yang terisolasi mungkin tidak mencolok seperti Cahaya utara dan rekan selatannya, tetapi masih terlihat oleh mata manusia. Serangan plasma yang saya lepaskan matahari Ini membawa serta ion dan elektron berenergi tinggi. Partikel-partikel ini akhirnya terjebak di tanah dan seterusnya Sabuk Radiasi Van Allenyang mencegah partikel membombardir planet secara langsung dan mengubahnya menjadi gurun seperti matahari Mars.