November 29, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Astronot James McDevitt, yang memimpin misi Gemini dan Apollo, telah meninggal pada usia 93 tahun

Astronot James McDevitt, yang memimpin misi Gemini dan Apollo, telah meninggal pada usia 93 tahun



CNN

James McDevitt, mantan astronot NASA yang memimpin misi Gemini IV dan Apollo 9, meninggal dalam tidurnya minggu lalu di Tucson, Arizona, kata NASA dalam sebuah pernyataan Senin. Dia berusia 93 tahun.

McDevitt dikelilingi oleh keluarga dan teman-temannya ketika dia meninggal pada hari Kamis. Menurut NASA.

Terpilih untuk bergabung dengan astronot kelas kedua NASA pada tahun 1962, pekerjaan McDevitt selama misi Apollo 9 memainkan peran penting dalam akhirnya membantu mendaratkan manusia pertama di bulan selama misi Apollo 11. Karyanya pada Gemini IV membantu memperpanjang waktu manusia pertama, kata NASA, astronot di luar angkasa, hampir menggandakan durasi pada saat itu dalam sejarah ruang angkasa awal.

Misi Gemini IV pada tahun 1965 adalah misi pertama McDevitt sebagai komandan, dan merupakan pertama kalinya astronot Amerika Ed White memberanikan diri keluar dari pesawat ruang angkasa yang akhirnya dikenal sebagai jalan-jalan di luar angkasa.

“Pada tahun-tahun berikutnya, keterampilan itulah yang memungkinkan penjelajah Apollo berjalan di bulan dan astronot Amerika dan mitra mereka dari seluruh dunia untuk membangun Stasiun Luar Angkasa Internasional,” tulis NASA dalam pernyataannya.

NASA mengatakan misi empat hari ini memecahkan rekor AS sebelumnya yang menghabiskan 34 jam di luar angkasa selama misi Mercury 9.

Bertahun-tahun kemudian, McDevitt memimpin misi keduanya, Apollo 9, yang berlangsung selama 10 hari dan diluncurkan pada 3 Maret 1969, dari Kennedy Space Center NASA. Dia bergabung dengan Pilot Modul Komando David Scott dan Pilot Modul Bulan Russell Schweickart.

“Ini adalah penerbangan pertama dari satu set lengkap instrumen Apollo dan itu adalah penerbangan pertama dari modul bulan,” kata NASA. “Mereka mensimulasikan manuver yang akan dilakukan selama misi bulan yang sebenarnya.”

Beberapa bulan kemudian, pada Juli 1969, NASA berhasil mendaratkan manusia di Bulan.

Secara total, McDivitt login selama 14 hari di luar angkasa sebelum pensiun dari NASA pada tahun 1972.

Dia menerima dua medali dari NASA Distinguished Service Medal dan NASA Exceptional Service Medal.

Mantan astronot ini lahir di Chicago dan lulus dari sekolah menengah di Kalamazoo, Michigan. Sebuah pernyataan NASA mengatakan dia memperoleh gelar sarjana di bidang teknik kedirgantaraan dari University of Michigan, di mana dia pertama kali lulus di kelasnya pada tahun 1959.

Universitasnya mengatakan sedih dengan kehilangannya, mencatat bahwa kontribusinya kepada universitas telah “menginspirasi generasi mahasiswa”.

“Warisan eksplorasi ruang angkasanya akan terus hidup sebagai bagian sentral dari sejarah kita.” buku universitas dalam sebuah tweet.
McDevitt bergabung dengan Angkatan Udara AS pada tahun 1951. Dia bertugas di Perang Korea dan melakukan 145 misi tempur. Dia dianugerahi beberapa medali, termasuk dua Medali Distinguished Air Service, untuk pekerjaannya di Angkatan Darat.

READ  Gambar satelit menunjukkan bahwa lapisan es Antartika runtuh lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya