November 27, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Asteroid 'Pembunuh Planet' mengintai di bawah sinar matahari - menuju Bumi

Asteroid ‘Pembunuh Planet’ mengintai di bawah sinar matahari – menuju Bumi

besar sekali asteroid Bergerak menuju Bumi Orbit – tetapi para astronom tidak khawatir.

Batu itu berdiameter 1,1 hingga 2,3 km dan diberi nama 2022 AP7, dan ditemukan di antara orbit Bumi dan Venus.

Kajian yang ditulis dalam Jurnal Astronomi Dilakukan oleh Carnegie Institution for Science di Washington, dikatakan itu adalah asteroid terbesar seukuran planet mematikan yang terlihat dalam delapan tahun.

Itu ditemukan oleh teleskop Blanco 4 meter di Chili.

2022 AP7 adalah salah satu dari tiga batuan ruang angkasa “cukup besar” yang bisa berbahaya, dan mungkin termasuk di antara 5% batuan terbesar yang pernah ditemukan, menurut para astronom.

“Setiap asteroid yang berukuran lebih dari 1 km dianggap sebagai pembunuh planet,” jelas Scott Sheppard, penulis senior studi tersebut, karena dapat mendorong debu dan polutan ke atmosfer.

Dan mereka kemungkinan akan tinggal di sana untuk waktu yang lama, menghalangi sinar matahari dan berpotensi menyebabkan “peristiwa kepunahan massal” yang tidak terlihat di Bumi dalam jutaan tahun, menurut Sheppard.

Tapi, sementara gagasan asteroid menuju Bumi mungkin mengingatkan orang akan hal itu Film celaka Adam McKay “Don’t Look For”, Ada alasan mengapa para astronom tidak membunyikan alarm.

Tidak mungkin menabrak Bumi – hanya orbit Bumi. Planet kita akan berada di sisi jauh matahari selama rotasi tahunannya ketika 2022 AP7 mendekatinya, yang berarti tidak ada kemungkinan tabrakan dalam waktu dekat.

Sheppard telah memperingatkan bahwa seiring waktu, ia akan mendekati Bumi selama orbitnya, tetapi ini akan memakan waktu berabad-abad dari sekarang.

di bulan September, Misi Dart NASA Untuk mencegah asteroid berhasil.

Ini bisa menjadi skema untuk menghindari tabrakan dengan Bumi, yang menunjukkan bahwa di masa depan kita akan lebih terlindungi dari risiko seperti itu – meskipun 2022 AP7 kemungkinan terlalu besar untuk dihentikan dengan cara ini saat ini hanya dengan satu panah.

Direktur Pusat Nasional untuk Informasi Objek Dekat Bumi, Jay Tate, mengatakan: Penjaga Bumi itu adalah target yang sangat kecil.

“Pada saat ini, bagaimanapun, potensi dampaknya agak rendah. Saya tidak akan mengatakan itu tidak signifikan, tetapi agak rendah.”

Sebuah televisi di NASA’s Kennedy Space Center di Cape Canaveral, Florida, menangkap gambar akhir dari Double Asteroid Redirection Test (DART)

Jim Watson melalui Getty Images