Desember 3, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Akhirnya, pesawat ruang angkasa Mars telah ditingkatkan dari Windows 98 Era

Akhirnya, pesawat ruang angkasa Mars telah ditingkatkan dari Windows 98 Era

Kesan artis tentang Mars Express.  Wallpaper didasarkan pada gambar nyata Mars yang ditangkap oleh kamera holografik resolusi tinggi pesawat ruang angkasa.

Ilustrasi pesawat luar angkasa Mars Express diluncurkan pada tahun 2003.
Klarifikasi: ESA

Hari Internet Dial-up, AOL Instan Messenger dan Myspace mungkin hilang di Bumi, tetapi di Mars, tahun-tahun awal internet masih hidup. Pesawat ruang angkasa Mars telah berjalan pada perangkat lunak yang dirancang selama lebih dari 20 tahun di lingkungan berpemilik berdasarkan Microsoft Windows 98, dan sudah lama tertunda untuk ditingkatkan.

Badan Antariksa Eropa (ESA) adalah Memperbarui itu Mars Ekspres Program MARSIS (Mars Advanced Radar for Subsurface and Ionosphere Probe), 19 tahun setelah peluncuran pesawat ruang angkasa. Instrumen MARSIS, probe radar pertama yang mengorbit planet lain, membantu mendeteksi bukti adanya air di Mars pada 2018. MARSIS mengirimkan gelombang radio frekuensi rendah ke planet tersebut menggunakan antena besar sepanjang 131 kaki (40 meter), seperti yang digunakan Mars Express pesawat ruang angkasa mengorbit di sekitar Mars.

MARSIS melakukan semua ini menggunakan perangkat lunak yang sangat tua yang belum diperbarui sejak peluncuran pesawat ruang angkasa pada Juni 2003. Perangkat lunak ini dibangun di lingkungan berbasis Windows 98, yang tidak bekerja dengan internet modern kecuali Anda melompat melalui banyak lingkaran. “Setelah beberapa dekade ilmu yang bermanfaat dan mendapatkan pemahaman yang baik tentang Mars, kami ingin mendorong kinerja perangkat melampaui beberapa batasan yang diperlukan ketika misi dimulai,” Andrea Sechetti, wakil peneliti utama di MARSIS, yang memimpin pengembangan peningkatan, mengatakan dalam sebuah pernyataan. penyataan.

Program baru ini dirancang oleh Institut Astrofisika Nasional Italia, yang mengoperasikan pesawat ruang angkasa. Tim yang bertanggung jawab untuk program baru telah menerapkan sejumlah peningkatan yang akan meningkatkan kemampuan instrumen untuk mengirim dan menerima sinyal, serta pemrosesan data on-board “untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas data ilmiah yang dikirim kembali ke Bumi,” menurut ke Badan Antariksa Eropa. .

“Sebelumnya, untuk mempelajari fitur terpenting di Mars, dan mempelajari Phobos, kami mengandalkan teknologi kompleks yang menyimpan banyak data resolusi tinggi dan mengisi memori perangkat dengan sangat cepat,” kata Chiquiti. “Dengan mengabaikan data yang tidak kami perlukan, perangkat lunak baru memungkinkan kami menjalankan MARSIS lima kali lebih banyak dan menjelajahi area yang jauh lebih besar dengan setiap lintasan.”

Program baru akan digunakan untuk mempelajari daerah dekat kutub selatan di Mars, di mana tanda-tanda air cair di Planet Merah sebelumnya telah terdeteksi dalam data resolusi rendah. Saat MARSIS meninggalkan era Windows 98 Perangkat lunak tersebut, akan dapat memindai area tersebut lebih cepat, menggunakan data resolusi tinggi. Mengetahui apakah Mars memiliki air cair sangat penting untuk mengetahui apakah planet itu layak huni selama sejarah awalnya, dan apakah mungkin telah menampung beberapa bentuk kehidupan.

Mars Express telah bekerja keras selama 19 tahun terakhir, memperluas misi pesawat ruang angkasa tujuh kali sejauh ini. Meskipun saat ini misi ESA paling murah, Mars Express menyediakan data berharga di Mars dan Phobos bulannya. Dan dengan pembaruan perangkat lunak baru, tim di belakang pesawat ruang angkasa mengharapkan hal-hal yang lebih besar dari pengorbit lama ini. “Ini benar-benar seperti memiliki instrumen baru di atas Mars Express hampir 20 tahun setelah diluncurkan,” kata Chiquiti.

READ  Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA Menemukan Jendela ke Alam Semesta Awal