Februari 7, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

5 Distro Linux Teratas 2022

Dalam posting ini, saya melihat distribusi Linux terbaik tahun 2022 — dan spoiler: tidak semuanya dibangun di Ubuntu!

Saya tahu: Saya membuat lelucon yang sama setiap tahun saya melakukan ini. Tapi hei: Saya sedang menulis tentang Ubuntu. Saya menggunakan Ubuntu. Anda mayo Anda mengharapkan saya menyimpan segala sesuatu tentang Ubuntu. Tapi ekosistem Linux? Ini lebih dari Hanya Ubuntu. Ada banyak distribusi Linux kelas atas di luar sana yang pantas dipuji, dirayakan, dan diapresiasi. Daftar ini adalah cara kecil saya untuk memberi mereka hal itu!

Namun, berikut ini bukanlah posisi superioritas, atau urutan kepentingan. Hanya aku, siapa pun, berteriak beberapa Salah satu rilis Linux terbaik tahun ini. apakah semua sudah termasuk? Tidak, ini juga bukan uang tunai, jadi jika Anda menyukai OSnya Tidak Ditampilkan di bawah ini bukan karena menurut saya mengerikan!

Dengan para dewa SEO (kami harap) puas dengan intro yang panjang ini, mari kita lihat 5 distribusi Linux teratas saya tahun 2022!

1.Ubuntu 22.04 LTS

Sekilas melihat apa yang baru pada 22.04.2007

Anda bisa mengatakan itu Rilis distro Linux terbaik tahun ini bagi saya adalah Ubuntu 22.04LTSyang tiba di bulan April.

Rilis dukungan jangka panjang selalu menjadi masalah besar karena puluhan juta orang menggunakannya. Untungnya, pengembang Ubuntu yang berdedikasi telah merilis rilis yang patut mendapat perhatian.

Singkirkan obsesi Anda (lihat video) Ubur-ubur Jammy Membeli GNOME Shell 42, Warna aksen yang dapat dikonfigurasi, Wayland secara default, Opsi multitasking baru, Opsi dok baru, Ekstensi ikon desktop yang lebih baik, kernel Linux 5.15, dukungan Raspberry Pi 4. Bundel tambahan pada bundel (pada bundel dll) aplikasi, alat, dan bundel diperbarui.

Meskipun saya pengendara rilis sementara — selalu, dan mungkin akan selalu — kebanyakan orang tetap menggunakan versi LTS. Dan dengan Ubuntu 22.04, mereka mendapatkan rilis yang cukup bagus untuk digunakan selama masa dukungan, tanpa fomo.

2. Stasiun Kerja Fedora 37

Selesai dengan sempurna: Fedora 37

Stasiun Kerja Fedora Ini adalah distribusi Linux desktop terkemuka untuk alasan yang bagus: kuat, andal, dan dibuat dengan halus – ini melambangkan apa yang dicari banyak orang: pengalaman GNOME “murni”, disampaikan sesuai keinginan pengembang, di atas basis yang kuat dan stabil.

pertunjukan musim gugur Stasiun Kerja Fedora 37 Fitur Gnome 43 – Pembaruan yang sangat meningkatkan pengalaman pengguna dengan GNOME Shell pengaturan cepat. Ada juga lebih banyak fitur file dibangun kembali di GTK4/libadwaita; Direnovasi Kalender program; sebuah Keamanan perangkat Tim; Dukungan Raspberry Pi 4; GRUB bukannya syslinux di BIOS; dan banyak lagi.

Orang sering mengabaikan Fedora Workstation karena, seperti kebanyakan distribusi Linux, itu bersahaja, sederhana, dan bebas drama. Namun, ini adalah distro yang berkelas dan fungsional yang mengabaikan kemewahan untuk fokus sepenuhnya pada kinerja, integritas, dan koherensinya.

Jika Anda belum pernah mencoba Fedora, Anda ketinggalan, jadi atasi!

3. Manjaro 22.0 “Sikaris”

Cuplikan layar distribusi Manjaro Linux dengan terminal dan browser web terbuka
Manjaro 22.0 “Sikaris”, di lokasi

itu sebuah Salinan Manjaro Dia seharusnya muncul di daftar ini sudah jelas. Dan karena distribusi Linux berbasis Arch, Manjaro adalah salah satu distribusi Linux terbaik yang pernah ada. Oh, saya tahu: ada obrolan tentang Manjaro dalam komunitas Linux yang lebih luas, tetapi bagi saya badai di cangkir teh saya tidak pernah memengaruhi kualitas distro itu sendiri (atau haruskah rasanya ☕️).

Manjaro 22.0 ‘Sikaris’ bukan hanya sebuah distro: ini adalah sebuah pengalaman

Perwujudan dari ini adalah Manjaro versi 22.0 Dikeluarkan pada bulan Desember. Layanan “utama” dengan Kiddy Plasma menawarkan pengalaman yang sempurna. Segala sesuatu mulai dari pembungkus hingga pengelola paket hingga sentuhan khusus dan aplikasi bersifat kohesif, bijaksana, dan dirancang.

Manjaro 22.0 bukan hanya sebuah distro, ini adalah sebuah pengalaman.

“Versi” desktop Manjaro juga dikemas dengan baik. Mereka tidak pernah merasa seperti Manjaro Plus xfce, Plus GNOME, dll. Masing-masing adalah tampilan yang dikuratori dengan hati-hati dan terintegrasi dengan indah dari kekuatan desktopnya – atau dengan kata lain yang kurang berbunga-bunga: tidak peduli versi Manjaro mana yang Anda pilih, sepertinya selalu begitu Utama Satu.

Selain itu, komunitas Manjaro cukup besar dan aktif. Untuk masalah apa pun yang muncul, saya mungkin akan menemukan posting forum Manjaro tentangnya (atau seseorang yang bersedia mengarahkan saya ke arah solusi). komunikasi sosial Dia adalah Aspek penting dari setiap distro. Kernel Linux adalah jantung dari sebagian besar distribusi tetapi komunitasnya adalah sumber kehidupan.

Manjaro adalah paket lengkap, distribusi yang menentukan tahun ini.

4.Linux Mint 21

Cuplikan layar desktop Linux Mint 21.1 dengan ikon folder baru terlihat di pengelola file Nemo
Mint telah mendapatkan ikon Windows-y baru

Pembaruan Linux Mint 21.1.2 Pembaruan terbaru dan paling menarik secara visual (lihat aplikasi baru dan karya seni yang diperbarui), rilis asli Linux Mint 21 membuat dampak terbesar tahun ini, dari keduanya.

Sebuah distro “entry level” yang banyak dipuji, tujuan inti Linux Mint untuk menawarkan pengalaman komputasi yang ringan dan familier yang tidak menghalangi masih beresonansi dengan pengguna yang selaras dengan cara kerja Windows.

Linux Mint 21 “Cinnamon” ringan dan efisien, yang menjadikannya pilihan yang baik untuk perangkat keras kelas bawah dan lama. Selain mudah digunakan, Linux Mint hadir dengan perangkat lunak pra-instal yang menarik yang bertujuan untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan pengguna, termasuk beberapa aplikasi lokal yang agak istimewa.

Secara keseluruhan, Linux Mint 21 adalah pilihan sempurna bagi pengguna yang menginginkan sistem operasi yang andal dan mudah digunakan.

5.Ubuntu 22.10

Lihat sekilas apa yang baru pada 22/10/2020

Ubuntu dua kali dalam satu daftar?! Agak berlebihan, tetapi menyertakan PipeWire berarti saya harus menyertakan 22.10. Sejujurnya, itu ada dalam kontrak saya sebagai editor situs ini –ketika? Ya, saya sendiri yang menulis kontraknya… Mengapa Anda bertanya?

Tapi serius, add-on Ubuntu 22.10 yang disebutkan di atas untuk Kawat Pipa (Terlepas dari penundaan) berarti sebagian besar perangkat audio Bluetooth “hanya berfungsi” dengan Ubuntu. Ini berpasangan dengan Pengalih Perangkat Audio GNOME pengaturan cepat Itu berarti Ubuntu 22.10 mencapai nada yang tepat dengan peralatan audio modern.

Kedua, peningkatan pengiriman GNOME 43 dan serangkaian port libadwaita berarti hal itu Kudo Kinetik Tiba di TKP dengan nyata dinamisme – adalah salah satu cara tertua untuk mengalami GNOME 43, untuk konteks – yang telah hilang sejak awal masa Unity.

Akhirnya, dan tanpa keraguan, komponen distribusi yang paling penting, menentukan, dan menentukan adalah Kudo Kinetik wallpaper maskot – itu Wallpaper Ubuntu default terbaik sejak itu Heron HardyOrganisasi Kelautan Internasional.

sebutan kehormatan

Zorin OS 16.2 layak untuk diwaspadai

Membatasi pilihan saya menjadi 5 diperlukan jika tidak, ini akan menjadi daftar yang sangat panjang dari setiap distribusi Linux yang telah merilis pembaruan selama 12 bulan terakhir.

Beberapa teriakan lagi: Yang terakhir Berusaha keras Rilis ‘Cassini’ membuat titik awal yang sempurna bagi siapa pun yang ingin mengendarai distro rolling release yang andal. Terakhir Zorin OS Ini didasarkan pada basis Ubuntu yang lebih lama, tetapi faktor keren di luar kotak tetap menjadi penyegar bagi pengguna yang baru mengenal Linux.

Gamer, programmer, dan pencipta menyukainya pop! _OS 22.04, yang merupakan versi terakhir dari distribusi System76 yang dikirimkan dengan GNOME Shell secara default; Dan banyak yang menyukai distro Linux yang ringan ini MX-Linux Yang menyuntikkan kehidupan baru ke perangkat lama.

Dan berteriak harus pergi ke SteamOSpramuat katup distribusi berbasis busur ke konsol Steamdeck.

Ini sudah berakhir untukmu

Jadi ini Milikku Daftar rilis Linux desktop terbaik untuk tahun 2022. Saya telah mencoba mengevaluasi berbagai set fitur, perubahan kunci, dan teknologi saat memilihnya, dengan mengingat daya tarik dan popularitasnya. Fwiw, MX-Linux Itu datang * sangat dekat untuk terjadi – berharap untuk mendengar lebih banyak tentang itu dan distro lain di situs saudaranya Tuhanku! Linux.

Ngomong-ngomong, siapa yang peduli dengan pendapatku?!

saya ingin mendengar untukmu Pilih rilis distro dari dua belas bulan terakhir. Jadi gali komentar (dan beri petunjuk: tema Disqus “lama” tersedia untuk dipilih lagi, keren). Cobalah untuk tetap sepositif mungkin dengan berfokus pada distribusi dan pengembangan yang Anda sukai daripada distribusi dan pengembangan yang tidak Anda sukai.

READ  Mengapa butuh waktu lama untuk mengenkripsi Facebook Messenger