Ratusan Karyawan Pabrik Es Krim Murah Dapat Hadiah

Ratusan karyawan yang melakukan aksi mogok kerja akhirnya mendapatkan kesepakatan dengan pihak perusahaan. [sumber: Tirto.id]

Bandung, Semarak.news – Ratusan karyawan pabrik es krim murah dapat hadiah. Aksi mogok 655 karyawan PT Alpen Food Industry berawal dari adanya salah satu karyawan yang meninggal dunia akibat kelalaian perusahaan. PT AFI dianggap lalai karena para karyawan yang bekerja tidak dibekali fasilitas BPJS. Sebanyak 665 karyawan atau setengah dari total karyawan PT AFI mencoba melakukan perundingan pada tanggal 7 Oktober dan 16 Oktober, namun gagal.

Setelah kegagalan demi kegagalan dalam upaya negosiasi, setengah dari karyawan PT AFI melakukan mogok kerja hingga akhirnya di-PHK oleh perusahaan. Terjadilah gelombang-gelombang demonstrasi dari pihak karyawan dengan berbagai tuntutannya. Termasuk menuntut diangkat menjadi karyawan tetap dan juga asuransi kesehatan untuk karyawan.

Dilansir dari Tirto.id, karyawan PT AFI melalui Serikat Gerakan Buruh Bumi Indonesia (SGBBI) sudah menyepakati beberapa perjanjian dengan pihak PT AFI pada tanggal 11 Desember 2017. Kesepakatan yang dikabulkan antara lain pengangkatan secara kolektif sebanyak 655 karyawan yang kemudian akan disusul Surat Keputusan Pengangkatan perorangan. Kemudian tidak memberikan sanksi dalam bentuk apapun kepada karyawan yang melakukan aksi mogok kerja pada Oktober hingga Nivember 2017. Selain itu juga tidak memangkas upah dan tunjangan para karyawan yang melakukan aksi mogok kerja pada waktu tersebut.

TINGGALKAN BALASAN