Sosialisasi pangan lokal di Alor ” Potensi pangan lokal NTT bisa mengembangkan industri rumah tangga “

 

Alor, Semarak.News – Kegiatan sosialisasi Pangan Lokal di wilayah Alor, Flores dan Sumba, terus digalakan oleh Pemerintah Daerah Propinsi NTT melalui Dinas Ketahanan Pangan Propinsi NTT. Untuk tahun 2017 ini, kegiatan sosialisasi dimulai dari Kabupaten Alor yang digelar pada hari kamis tanggal 13 Juli lalu  di Aula Rumah Jabatan Bupati Alor.

Terpisah, Kepala Seksi Penganekaragaman Pangan Dinas Ketahanan Pangan Propinsi NTT, Ir.Awad Belafif yang dikonfirmasi wartawan (14/07) menyampaikan, pada prinsipnya program Pemda Alor terkait pengembangan pengelolaan pangan lokal sejalan dengan program Dinas Ketahanan Pangan Propinsi NTT, hal itu terlihat dari sambutan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Alor dalam acara pembukaan sosialisasi ketahanan pangan kemarin, ” terang Belafif yang ditemui di Hotel Nusa Kenari saat hendek bersiap kembali ke Kupang.

Menurut Belafif, Pengembangan pangan lokal basisnya adalah desa, dengan melihat potensi Pangan lokal yang biasanya di tanam.

” Jadi selain ditanam, diharapkan ada industri rumah tangga yang mengolah hasil tanaman itu menjadi kue-kue. Harapan Kedepan mau dibikin semacam rumah makan atau gerai pangan lokal. Ini juga yang disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Alor dalam sambutannya kemarin, dan ini sejalan persis dengan program Dinas Ketahanan Pangan Propinsi NTT “, jelasnya.

Ia menambahkan, Pokok sosialisasi ini adalah bagaimana potensi pangan lokal daerah bisa di manfaatkan untuk mengembangkan industri rumah tangga pengolahan pangan lokal

” Intinya pengembangan industri rumah tangga pengelolaan pangan lokal, jadi ini seperti gayung bersambut antara program Pemda Alor seperti yang sampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Alor dan Program Dinas Ketahanan Pangan Propinsi NTT “, tambah Belafif.

Perlu diketahui, sosialisasi ini diikuti oleh perwakilan Tim Penggerak PKK dari setiap desa/kelurahan di Kabupaten Alor sebanyak seratus tujuh puluhan orang.

Sosialisasi pangan lokal ini mengangkat materi terkait program pengembangan pangan lokal yang dibawahkan oleh Kepala Bidang Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan Dinas Ketahanan Pangan Propinsi NTT,Paulus Dasilva. Serta materi terkait demo pangan lokal oleh TP PKK Propinsi NTT mewakili Ketua Pokja III, Merry Haryo.

Inti dari sosialisasi ini membahas tentang fungsi pangan, pangan pelangi atau kelompok bahan pangan berwarna, potensi pangan lokal, diversifikasi pangan dan inovasi sesuai preferensi masyarakat. (ito)

TINGGALKAN BALASAN