HPS ke 37 tingkat Propinsi NTT digelar di Kalabahi, Bupati Djobo : Kemandirian masyarakat, mengangkat harkat dan martabat

Alor, Semarak. News – Acara pembukaan kegiatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 37 tingkat Propinsi NTT tahun 2017 digelar hari  selasa (11/07) di Kalabahi, Ibu Kota Kabupaten Alor.

Kegiatan HPS tingkat Propinsi NTT ini akan digelar selama tiga hari dari tanggal 11-13 juli dan diikuti oleh sembilan belas kabupaten/kota, dengan lingkup kegiatan pengabdian masyarakat meliputi pengawasan keamanan pangan segar dan pangan olahan oleh Tim Perpadu bersama Balai POM Kupang, sosialisasi pengolahan pangan lokal, kunjungan lapangan ke Desa Fanating Kecamatan Teluk Mutiara, pemberian bantuan dan penghargaan kepada masyarakat serta jalan sehat.

Selain itu dilaksanakan pameran dan basar yang diikuti oleh sembilan belas Kabupaten/Kota seNTT, BUMD, BUMN, LSM dan UMKM. Digelar juga pasar murah sembako dibawah koordinasi bersama antara Bulog dan Disperindag, serta lomba stan terbaik antara peseta pameran, lomba cipta menu beragam bergisi seimbang dan aman berbasis sumber daya lokal antara Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota seNTT.

Bupati Alor, Drs. Amon Djobo dalam sapaannya saat pembukaan kegiatan ini mengatakan, Kedaulan pangan tidak saja oleh rekayasa teknologi yang berkembang, tetapi kemandirian pangan itu digali dari kearifan lokal yang sudah dilakukan sejak dulu dan generasi sekarang hanya melanjutkan apa yang dilakukan sejak dulu, walaupun rekayasa teknolgi sebagai alat bantu untuk diversifikasi pangan.

” Kemandirian masyarakat akan mengangkat harkat dan martabat masyarakat pada posisi pangan yang luar biasa dan itu menggambarkan kedaulatan pangan yang bisa menjadi penentu kecukupan pangan masyarakat dari sisi pangan lokal “, tegas Djobo. (VS)

TINGGALKAN BALASAN