Lebih dari 20 Warga Korban Tanah Longsor di Ponorogo Belum Ditemukan

28 Korban anah Longsor Belum Ditemukan (Kemensos)

Ponorogo, Semarak.news– Sebanyak 28 warga korban bencana tanah longsor belum berhasil ditemukan oleh tim SAR. Salah satu yang menyebabkan lambatnya pencarian korban adalah belum tersedianya alat berat yang digunakan untuk mengevakuasi korban. Proses evakuasi yang dilakukan secara manual oleh tim SAR berjalan lambat dikarenakan kondisi tanah yang masih bergerak serta faktor cuaca yang kurang mendukung.

Menteri Sosial, Khofifah Indar P, menyatakan bahwa  “Dari data sementara Kemensos, hingga kini masih ada 28 orang korban yang tertimbun, sementara yg berhasil selamat yaitu sebanyak 20 orang luka ringan dan tiga orang luka berat. Adapun jumlah rumah yang tertimbun material longsor sebanyak 32 rumah,” katanya.

Tim SAR gabungan yang terdiri dari 450 personel TNI, POLRI, BPBD, TAGANA, dan RAPI. Disamping melakukan evakuasi korban, tim SAR juga berupaya untuk mendirikan dapur umum dan tenda. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan logistik korban bencana tanah longsor serta para relawan.

Seperti diketahui hujan deras yang terjadi pada hari Sabtu (1/4) di Kecamatan Pulung, Ponorogo telah mengakibatkan longsor memanjang dari bukit sekitar 800 meter. Akibat longsoran tersebut 23 rumah warga dan ladang warga mengalami kerusakan. Diantara 23 rumah tersebut sebagian tertimbun sepenuhnya dan sisanya tertimbun sebagian. [DZ]

TINGGALKAN BALASAN