Menguak Wisata Sejarah Marunda

Rumah Si Pitung yang terletak di Marunda, Cilincing, Jakarta Utara (foto: Ardi)

Jakarta, Semarak.news – Tentunya sebagai ibukota negara, Jakarta memiliki beragam situs warisan sejarah mulai dari bangunan, monumen, dan juga patung. Situs warisan sejarah ini menjadi pesona daya tarik sendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin menelisik lebih dalam tentang sejarah dan perjuangan bangsa Indonesia.

Kawasan Marunda yang terletak di Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara dapat anda jadikan salah satu tujuan wisata sejarah dan budaya yang tentunya dapat memenuhi hasrat keingintahuan akan budaya dan sejarah bangsa. Berikut destinasi wisata di Marunda yang patut anda singgahi:

1. Rumah Si Pitung

Si Pitung adalah sebutan bagi penolong di zaman penjajahan Belanda. Pitung merupakan salah satu buronan orang Belanda di kala itu. Marunda yang dahulunya daerah rawa, dijadikan Pitung sebagai tempat tinggal dan persembunyiannya agar tidak mudah diendus kaum penjajah.

2. Masjid Al-Alam

Usia Masjid Al-Alam diperkirakan lebih dari 400 tahun. Masjid ini dibangun pada abad ke-15 oleh Sultan Fatahillah. Yang menarik dari Masjid Al-Alam yakni sumur yang terletak di samping  masjid, banyak yang meyakini air sumur yang ada berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit.

Masjid Al-Alam Marunda, Cilincing (sumber: almasjidy)

3. Makam Jonker

Kapitan Jonker dari Maluku yang dimakamkan di daerah Marunda menjadi daya tarik tersendiri. Kapitan Jongker adalah seorang tentara pada masa pemerintahan kolonial Belanda. Sosoknya yang berani dalam medan pertempuran membuatnya dijadikan sebagai orang kepercayaan VOC, sayangnya ia difitnah dan dikhianati Belanda. Jonker yang beragama Islam pergi ke Pulau Jawa dan menetap di daerah Marunda bersama bawahannya. Jonker tewas dalam pertempuran melawan tentara VOC.

4. Makam Haji Hasan

Haji Hasan adalah salah satu penyebar agama Islam di daerah Marunda. Makamnya terletak di Pantai Marunda, makamnya menjadi daya tarik wisatawan lokal terutama yang berasal dari wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Tertarik untuk mengunjungi kawasan wisata Marunda?(COB)

 

TINGGALKAN BALASAN