Rawa Pening Bakal Calon “Venue” Lomba Dayung Asian Games 2018

Danau Rawa Pening yang terletak di Kabupaten Semarang (semarak.news)

Semarang, Semarak.news – Perhelatan kompetisi olahraga multi cabang se-benua Asia pada tahun 2018 akan digelar di Indonesia. Perairan Rawapening diusulkan menjadi arena atau venue lomba dayung pada Asian Games 2018 mendatang.

Kepala Balai Besar  Wilayah Sungai Pemali-Juwana, Ruhban Ruzziyatno, menilai Rawa Pening dengan luas 1.800 hektar tersebut termasuk dalam kategori layak untuk dijadikan arena lomba dayung pada Asian Games 2018 mendatang.

“Masuk penilaian layak, karena didukung dengan tempat serta suasana alam. Kemudian sebagai obyek wisata, yang diperkuat dengan beberapa potensi seperti kuliner serta budaya setempat” ungkap Ruhban ketika ditemui, Rabu (23/3).

Ruhban juga menambahkan pihaknya telah melakukan pembersihan tanaman enceng gondok di sekitar danau Rawa Pening dan membangun kantor pemantau.

“Setiap hari dengan menggunakan beberapa alat berat meliputi excavator, aquatic weed harvester, dan dredger, rata-rata bisa membersihkan eceng gondok seluas  1 hektar. Selain itu kita juga telah membangun kantor pemantau di sekitar bangunan klante penghambat eceng gondok atau yang akrab disebut sebagai Jembatan Biru Asinan”

Rencananya, kedepan Balai Besar Wilayah Sungai Pemali-Juwana akan menambah titik pengangkatan gulma air dari perairan Rawapening sehingga menjadi lebih bersih dan dapat memajukan sektor yang berhubungan dengan danau alam tersebut. (BIP)

TINGGALKAN BALASAN