Pendapat Imigrasi tentang Pembuatan Paspor Terbaru, Syarat Tabungan Rp 25 Juta

syarat untuk membuat paspor baru harus mempunyai tabungan sebesar Rp 25 Juta

Jakarta, Semarak.news – Penerbitan paspor terbaru untuk tahun ini harus memenuhi syarat. Syarat atau aturan ini ditetapkan oleh pihak Imigrasi. Aturan tersebut adalah bagi yang ingin membuat paspor baru harus mempu nyai tabungan sebanyak 25 juta. Aturan ini dibenarkan oleh Ronny Franky seorang Direktur Jenderal Imigrasi.

“Syarat 25 juta yang ada di tabungan merupakan hal yang dicarakan secara internal berupa surat edaran yang di buat oleh Direktur Lalu Lintas Keimigrasian atas nama Dirjen imigrasi”, kata Ronny Franky, senin (20/3/2017).

Pemberlakuan edaran ini terjadi di 33 Kantor Wilayah dan 125 Kantor Imigrasi. Sifat nya internal, jadi bukan untuk masyarakat dan memeberika wawasan khusus kepada pejabat.

Syarat ini bertujuan untuk mencegah para calon buruh migran non-prosedural yang akan pergi ke lauar negeri. syarat in bersifat tegas. Petugas Imigrasi akan mengecek dan mencocokan biodata pemohon dengan kunjungan ke negara yang dituju. Bila hasilnya mengindikasikan pemohon sebagai calon buruh migran non-prosedural, maka syarat memiliki tabungan Rp 25 juta ini akan dikenakan kepada pemohon tersebut.

Tujuan diberlakukannya aturan ini menurut Ronny adalah untuk mengantisipasi warga negara Indonesia menjadi korban perdagangan orang di luar negeri. “yang mengikuti prosedur aja banyak korban, apalagi yang tidak mengikuti prosedur”, Kata Ronny.

Tercatat pada bulan Januari 2017, paspor sebanyak 1.593 di 14 Kantor Imigrasi ditolak oleh pihak Imigrasi. Setiap aturan yang telah ditetapkan memiliki celah yang dapat disalahgunakan oleh pegawai. “Kebijakan yang telah dibuat bukan untuk meminta uang, kalau ada pegawai saya yang memnita uang lebih, seger laporkan”, ujar Ronny Franky

Pihak imigrasi meminta kepada masyarakat apabila penerbitan paspor baru ini yang diharuskan mempunyai tabungan Rp 25 juta menajdi celah korupsi segera dilaporkan.

(ASP)

TINGGALKAN BALASAN