Trump Pangkas Anggaran Bantuan Luar Negeri

Presiden Trump ingin memangkas anggaran luar negeri dan meningkatkan anggaran keamanan. (foto : www.cnnIndonesia.com)

Jakarta, Semarak.news – Perintah eksekutif Presiden Terpilih Amerika Serikat Donald Trump dalam bidang ekonomi kini semakin frontal, dirinya akan mengajukan pemotongan habis-habisan terhadap anggaran bantuan Amerika Serikat untuk negara asing dan meningkatkan anggaran keamanannya.

Dalam rancangan anggaran pertama yang akan dipublikasikan Kamis (16/3), dikutip AFP, pemimpin Partai Republik ini akan mengajukan pemangkasan anggaran Kementerian Luar Negeri sebesar 28 persen.

Langkah ini memungkinkan bisa mengurangi bantuan untuk negara asing dan sumbangan ke badan-badan PBB . Tentu saja dampaknya bakal dirasakan di seluruh dunia.

Di sisi lain Pentagon mendapatkan peningkatan sebesar 10 persen–meningkatkan secara drastis dari anggaran yang saat ini sudah lebih besar daripada gabungan alokasi tujuh negara terbesar lain di dunia.

Secara terpisah, sekitar $4 miliar akan dialokasikan tahun ini dan selanjutnya digunakan membangun tembok perbatasan Mexico.

Trump sebelumnya seringkali menyatakan Mexico akan membayar pembangunan tembok perbatasan yang akan memakan biaya setidaknya $15 juta itu.

Garis besar proposal Trump meliputi hanya sebagian kecil dari $3,8 triliun total anggaran federal yang didominasi bidang kesehatan, pensiun dan lainnya.

Proposal ini akan terus di revisi oleh Kongres sebelum disahkan pada Mei yang akan datang.
Dengan demikian, rencana ini lebih bisa disebut sebagai pernyataan politik ketimbang rancangan keuangan.
Anggaran tersebut adalah sinyal untuk para pendukung Trump bahwa sang Presiden tidak hanya berbicara, tapi mau beraksi. (RA)

 

TINGGALKAN BALASAN