Gara-Gara Trump, Kanada Kebanjiran Pencari Suaka

President of America, Donald Trump

Ottawa – Semarak.News, Pencari suaka di Amerika Serikat sekarang membanjiri Kanada karena kebijakan Trump yang hendak menekan arus imigrasi. Pencari suaka tersebut berjumlah ratusan dan mayoritas berasal dari Afrika dan Timur Tengah. Menteri Keselamat Publik Kanada, Ralph Goodale mengatakan, “Kami telah memberikan informasi mengenai dokumen-dokumen khusus yang diperlihatkan di perbatasan karena itu semua adalah dokumen Amerika”. Artinya, para pencari suaka sudah memasuki Amerika Serikat secara resmi, namun diusir kembali sehingga mereka pergi ke Kanada untuk mencari alternatif.

Informasi mengenai hal ini telah dibeberkan oleh pejabat tinggi Kanada sebagaimana dikutip Reuters. Tujuannya adalah agar Amerika Serikat memahamai dampak kebijakan mereka terhadap negara lain dan memahami kondisi yang ada sekarang.

Badan Pengungsi dan Imigrasi Kanada menyalahkan pihak Amerika Serikat karena menekan jumlah imigran sehingga membuat pencari suaka membanjiri Kanada. Kebijakan ini dimulai semenjak Presiden baru AS, Donald Trump menduduki gedung putih.

Pertemuan antara Kanada dan Amerika Serikat telah dilakukan, Amerika Serikat mengirim Menteri Dalam Negerinya, John Kelly ke Ottawa dan bertemu dangan Perdana Menteri Justin Trudeau. Kedua pihak berharap agar mendapatkan solusi yang menguntungkan kedua pihak. (ALV)

 

TINGGALKAN BALASAN