Chappy Mengundurkan Diri dari Freeport

Direktur Utama PT Freeport Indonesia resmi mengundurkan diri. [sumber: klimg.com]

Jakarta, Semarak.news – Gonjang – gannjing perihal pengunduran diri Direktur Utama PT Freeport Indonesia (PTFI) terjawab sudah. Chappy Hakim yang menjabat sebagai Direktur Utama PTFI menggantikan Maroef Sjamsoeddin yang mengundurkan diri awal tahun lalu mengkonfirmasi kebenaran tersebut.

“Saya mengundurkan diri dari tugas-tugas saya sebagai Presiden Direktur. Dan melanjutkan dukungan saya kepada perusahaan sebagai penasihat,” kata Chappy dilansir dari detik.

Tercatat Chappy ditetapkan sebagai Direktur Utama PTFI pada November tahun 2016. Hal itu berarti bahwa masa jabatan yang ia emban hanya berlangsung tidak kurang dari tiga bulan saja.

Sebelum pengunduran diri resmi disampaikan kepada Presiden Direktur Freeport Mcmoran, Chappy sempat bersitegang dengan salah satu anggota dewan Komisi VII Mukhtar Tompo, pada saat Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) bersama 12 perusahaan tambang.

“Saya sedang coba selesaikan masalah berat ini satu persatu agar tidak terjadi gejolak yang lebih besar,” kata Chappy dilansir kompas.

Sepak terjang Chappy cukup mentereng yakni termasuk kedalam lulusan Akabri angkatan 1971. Kemudian ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Tim Nasional Evaluasi Keselamatan dan Keamanan Transportasi pada 2007. Ia juga telah menyelesaikan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Seskoau) pada 1987, Sekolah Staf dan Komando Gabungan (Seskogab) 1997, dan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) pada 1998.

Chappy Hakim merupakan pria kelahiran Yogyakarta, 17 Desember 1947. Karirnya berawal saat dirinya diangkat menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) pada 2002, pada masa Pemerintahan Megawati Soekarnoputri. Chappy Hakim juga merupakan putra wartawan sekaligus perintis berdirinya LKBN Antara, Abdul Hakim. Melalui darah jurnalis dari sang ayah membuat Chappy dapat menghasilkan banyak judul buku dan aktif menulis di blognya www.chappyhakim.com.

Sebelum jabatan Dirut dipegang Chappy, Dirut PTFI dipegang oleh pejabat sementara Robert Schroeder, yang menjadi Plt Dirut Freeport Indonesia, usai ditinggalkan Maroef Sjamsoeddin, yang mengundurkan diri pada Januari 2016. Sama halnya dengan Maroef Sjamsoeddin, Chappy juga merupakan Dirut PTFI yang memiliki latar belakang militer. Pangkat terakhir yang ia emban sebelum berakhir masa tugasnya di militer yaitu Marsekal TNI AU. [RP]

TINGGALKAN BALASAN