Pesona 5 Danau Termegah dari Timur Indonesia

Pertunjukan seni dalam Festival Danau Sentani. [foto: MLD Spot]

Semarak.news – Danau adalah salah satu ragam keindahan alam yang menarik ditelusuri. Terkadang danau menjadi rujukan bagi traveler yang hobi menikmati keheningan di alam bebas. Rasa tenang juga damai merupakan sensasi tersendiri, sekali pun keberadaan sang telaga tersembunyi di balik rimba hutan.

Banyak danau terhampar dari Aceh hingga Papua yang masing-masing mempunyai kekhasan yang menakjubkan, tak terkecuali di wilayah timur. Diantara sekian banyak, berikut adalah 5 danau alami dari timur Indonesia yang indah nan megah yang cocok untuk Anda jelajahi!

1. Danau Rana, Maluku

danau-rana

Danau Rana terletak di Kabupaten Buru, Provinsi Maluku. Danau ini menjadi ikon Pulau Buru yang dikenal sebagai pulau pengasingan PKI. Danau Rana merupakan danau terluas se-Provinsi Maluku, letaknya di ketinggian sekitar 700 mdpl. Oleh masyarakat sekitar Danau Rana masih dianggap suci dan keramat. Air danau yang tenang dan penuh dengan bunga teratai di permukaannya menjadi eksotisme yang menarik wisatawan. Akses untuk menuju Danau Rana dapat ditempuh dari Kota Namlea.

2. Danau Tolire, Maluku Utara

wisata-kota-ternate-danau-tolire-besar

Berada di kaki Gunung Gamalama, Danau Tolire berjarak 10 kilometer dari pusat Kota Ternate, Maluku Utara. Jika dilihat dari atas, danau ini terlihat seperti kubangan raksasa dengan warna air cokelat kekuningan. Sebenarnya Danau Tolire terdiri atas Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil, yang keduanya berada dalam jarak 200 meter. Namun pesona Tolire Besar lebih unggul, air tawar di Danau Tolire Besar menjadi tempat hidup berbagai jenis ikan. Menurut mitos yang beredar, Danau Tolire haram untuk digunakan mandi karena dijaga oleh siluman.

3. Danau Laguna Ngade, Maluku Utara

danau-laguna-ngade-maluku-utara

Selain Tolire, Ternate juga punya Danau Laguna Ngade, terletak di Desa Ngade, Ternate Selatan. Lokasinya sangat dekat dengan laut. Meski demikian, air danau ini tetap tawar. Untuk para fotografer, Danau Laguna Ngade menjadi rekomendasi yang tidak mengecewakan. Wisatawan dapat menyaksikan pemandangan indah Pulau Maitara dan Pulau Tidore dari sini. Danau ini menjadi tempat budi daya ikan air tawar, seperti nila dan gurami. Jika ingin menikmati hidangannya, traveler dapat mencobanya di restoran terapung yang tersedia.

4. Danau Tigi, Papua

danau-tage-papua

Pada tahun 1938, Danau Tigi pertama ditemukan oleh seorang pilot Belanda, Frits Julius Wissel. Letaknya di Kabupaten Deiyai, Papua. Pesona Danau Tigi sangat khas dan berbeda dengan danau lain, karena berada di ketinggian sekitar 1.700 mdpl. Sehingga hawa di sekitar danau sangat sejuk dan dingin. Selain panorama alam yang cantik, Danau Tigi juga menyimpan berbagai spesies ikan. Salah satunya Ikan Pelangi, biota danau asli Papua. Untuk menuju ke sana traveler dapat menempuh perjalanan darat selama 7 jam dari Kabupaten Nabire.

5. Danau Sentani, Papua

danau-sentani-di-papua

Danau Sentani terletak kurang lebih 50 kilometer dari Jayapura. Inilah danau terbesar kedua di Papua (setelah Danau Rombebai), dengan luasnya 9.360 hektar. Danau Sentani menjadi salah satu ikon pariwisata terbesar Papua. Jika traveler berkunjung ke sana pada bulan Juni, akan ada pagelaran Festival Danau Sentani yang rutin setiap tahunnya digelar. Festival itu berisi pertunjukan seni, budaya, dan kuliner khas Papua. Di tengah danau terdapat 22 pulau kecil yang tampak indah dari kejauhan. Salah satu yang terkenal adalah Pulau Asei, yang digunakan oleh sebagian penduduk menjual pernak-pernik khas Papua. Untuk kuliner, sejumlah spesies ikan khas Danau Sentani dapat dinikmati sebagai sajian lezat.

TINGGALKAN BALASAN