Inilah Gunung Kencana, Kecil Tapi Mempesona

Menikmati indah puncak Gunung Kencana. [foto: Osisober]

Bogor, Semarak.news – Gunung Kencana, mungkin namanya masih sedikit asing bagi sebagian traveler. Namun ini sangat cocok untuk dicoba bagi Anda penggemar jelajah alam. Sebenarnya Gunung Kencana tidak tampak seperti gunung sungguhan. Dari kejauhan hanya seperti bukit, dengan ketinggiannya 1.803 mdpl.

Gunung Kencana terletak di Kampung LC, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Jika traveler datang dari arah Kota Bogor, akses masuk berada sebelum Puncak Pass yakni sama dengan akses jalan menuju kawasan wisata Telaga Warna.

Selepas pintu masuk, traveler akan langsung dihadapkan dengan perjalanan menantang. Jalanan berbatu tajam sepanjang kurang lebih 10 kilometer mau tak mau harus ditempuh. Namun hamparan hijau kebun teh serasa menjadi pemanis di tengah ekstrem jalan. Banyak juga sungai kecil yang bebas mengalir di beberapa titik yang membuat hawa gunung semakin segar dan sejuk.

Checkpoint pertama adalah SD Cikoneng, jika dari sana puncak Kencana sudah mulai terlihat. Selain Gunung Kencana, juga ada Gunung Luhur yang letaknya bersebelahan. Posisinya Gunung Kencana berada di sebelah kiri, sementara Gunung Luhur di kanan. Namun puncak Luhur ketinggiannya masih dibawah puncak Kencana.

Setelah lelah menelusuri kelak-kelok jalanan kebun teh, traveler akan sampai di Kampung LC. Di sana telah tersedia basecamp pendakian, yang dapat digunakan untuk tempat beristirahat sejenak dan memarkirkan kendaraan.

Dari basecamp, pendakian menuju puncak Kencana hanya memakan waktu kurang dari satu jam. Meski tergolong sebentar, namun bukan berarti tak ada rintangan. Adalah tanjakan “Sambalado”, rintangan pertama berupa ratusan anak tangga dengan kemiringan ekstrem akan sedikit menguji kaki dan pinggang.

Perjalanan dilanjutkan dengan melewati medan yang terus-menerus menanjak. Sebagai info, hanya ada 2 pos melepas lelah di sepanjang jalur pendakian Gunung Kencana. Kondisi lain yakni celah hutan yang masih tertutup dan jenis tanah yang basah akan sedikit menyulitkan di saat setelah turun hujan.

Puncak Gunung Kencana seluas 2 lapangan voli. Ini cukup luas untuk menampung banyak tenda. View yang tersaji setelah sampai di puncak sangat mempesona. Jika cuaca cerah, Gunung Pangrango, Gunung Gede, dan Gunung Salak terlihat gagah berdiri menyapa pendaki. Ditambah dengan bentangan luas kebun teh kawasan Puncak dan jalanan Kota Bogor.

Untuk rekomendasi, Gunung Kencana sangat cocok bagi pemula. Jalur pendakiannya lumayan menantang namun waktu tempuhnya sehari saja pun cukup. Namun demikian berbagai perlengkapan dan manajemen perjalanan juga penting untuk dipersiapkan agar pendakian terasa semakin asik dan aman. Let’s go out!

1 KOMENTAR

  1. bukan gunung sesungguhnya tuh maksudya gimana? kriteria gunung sesungguhnya tuh bagaimana? kenapa anda berani mengatakan “bukan gunung sesungguhnya” padahal di setiap peta tertulis kata gunung?

TINGGALKAN BALASAN