Kepulauan Talaud, Surga Indah di Ujung Negeri

Pulau Intata, salah satu daya tarik di Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. [foto: Dok. Pemkab Kep. Talaud]

Kepulauan Talaud, Semarak.news – Talaud atau Kepulauan Talaud merupakan salah satu kabupaten yang menjadi bagian dari Provinsi Sulawesi Utara. Secara geografis, Kepulauan ini terletak di antara Pulau Sulawesi dan Pulau Mindanao (Filipina). Talaud terdiri dari tiga pulau besar, yakni Karakelang, Salibabu, dan Kabaruan.

Kota Melonguane menjadi ibukota Kabupaten Kepulauan Talaud, yang berada di ujung bagian selatan Pulau Karakerlang. Jaraknya kurang lebih 271 mil laut dari Manado. Untuk mencapai ke sana, dibutuhkan waktu sekitar 45 menit dari Manado dengan menggunakan pesawat. Penerbangan ke Talaud tersedia 6 kali dalam seminggu.

Bagi para traveler, Sulawesi Utara menjadi salah satu wisata laut terfavorit di Indonesia, dengan yang terbesar adalah Taman Nasional Bunaken. Sejalan dengan itu, wisata alam juga menjadi daya tarik terbesar yang dimiliki oleh Talaud, selain tentunya adat dan budaya yang masih kental dimiliki masyarakat setempat. Banyak pulau gugusan yang menyimpan sensasi indah dan layak dikunjungi. Di bawah ini adalah beberapa pulau yang menjadi primadona di Kepulauan Talaud. Enjoy it!

Pulau Sara

Pulau Sara adalah salah satu pulau kosong di Kepulauan Talaud. Pulau seluas 2,03 kilometer persegi ini masih tergolong perawan karena memang belum banyak dijamah oleh wisatawan. Letaknya di antara Pulau Karakelang dan Pulau Salibabu. Untuk mencapainya, wisatawan dapat menyewa perahu motor dari Pulau Melonguane maupun Pulau Lirung. Bagi para traveler, meski tak berpenghuni pulau ini mempunyai potensi wisata yang eksotis. Pasir pantainya putih sehalus tepung dan bersih. Tak hanya itu, air lautnya yang jernih membuat ragam ikan dan terumbu karang terlihat sangat jelas. Selain keindahan pantai dan laut, hutan di Pulau Sara juga indah. Pohon-pohon besar dan kecil tampak rimbun dan alami. Pulau ini sangat cocok untuk traveler yang gemar snorkeling atau diving.

Pulau Miangas

Siapa tak kenal Pulau Miangas. Pulau ini populer karena menjadi pulau terluar utara Indonesia. Namun belum banyak wisatawan yang tahu bahwa Pulau Miangas menjadi salah satu destinasi andalan di Kepulauan Talaud. Pulau dengan luas 3,15 kilometer persegi ini berjarak sekitar 110 mil dari Melonguane dan 48 mil dari Davao del Sur (Filipina). Di Miangas berdiri tugu patung tapal batas NKRI. Bagi traveler penyuka wisata pantai, Miangas bisa menjadi salah satu rekomendasi. Hampir seluruh pantai di Pulau Miangas dihiasi pasir putih yang indah, di antaranya yang menarik Pantai Racuna dan Pantai Kubbu. Selain itu, jika berkunjung ke Miangas traveler akan disuguhkan dengan budaya lokal yang masih terjaga, salah satunya budaya Manammi. Manammi adalah upacara adat penangkapan ikan oleh masyarakat Miangas.

Pulau Napombalu

Terletak di bagian selatan Talaud, Napombalu adalah nama pulau karang yang juga tak berpenghuni. Secara mengejutkan, Pulau Napombalu baru muncul setelah gempa 7,3 skala ritcher mengguncang Sulawesi Utara 2014 lalu. Pulau ini merupakan gugusan karang dari gunung api bawah laut. Awalnya setiap air laut pasang pulau ini tidak terlihat dan selalu tenggelam. Namun karena penekanan daratan pulau ini kembali muncul. Selain pasir pantainya yang putih, Pulau Napombalu memiliki daya tarik yaitu panorama bawah laut dengan suasana vulkanik yang sangat menakjubkan.

Pulau Intata

Pulau Intata hanya memiliki luas wilayah 0,15 kilometer persegi saja. Namun siapa sangka pesona dan eksotismenya sangat luar biasa. Berbatasan langsung dengan Filipina, Pulau ini tak berpenghuni dan masing kosong. Jarak tempuhnya sekitar 3-4 jam menggunakan speedboat dari Ibukota Melonguane. Keindahan pantai dan keragaman ikan serta terumbu karang menjadi ciri Pulau Intata. Selain itu di Intata, jika berkunjung di bulan Mei, traveler dapat menyaksikan festival adat Mane’e. Mane’e adalah budaya menangkap ikan yang tidak boleh menggunakan alat apapun dan dilakukan bersama-sama.

TINGGALKAN BALASAN