2 November, Hari Ditetapkannya Rupiah Sebagai Mata Uang Resmi Indonesia

Mata uang rupiah. [Foto: tribunnews]

Jakarta, Semarak.news – Tahukah Anda bahwa pada hari ini 2 November 67 tahun yang lalu tepatnya di tahun 1949, setelah 4 tahun Indonesia merdeka akhirnya menetapkan sebuah mata uang yang disebut “Rupiah” sebagai mata uang resmi Negara Indonesia. Sebenarnya, sebelum mengenal Rupiah, pada awal masa kemerdekaannya Indonesia menggunakan mata uang resmi yang dikenal dengan nama ORI. ORI digunakan selama 4 tahun yaitu tahun 1945-1949 namun ORI baru resmi sebagai mata uang Indonesia pada saat itu mulai 30 Oktober 1946.

Menurut salah satu sejarawan uang Indonesia, Adi Pratomo, rupiah diambil dari kata “rupia” yang berarti uang dalam bahasa Mongolia, namun sebagian berpendapat bahwa rupiah berasal dari bahasa Sansekerta. Pelafalan rupia yang ditambah huruf ‘h’ di akhir kata rupia menjadikan rupiah memiliki kesan pelafalan asli Indonesia karena sangat khas sebagai pelafalan orang Jawa.

Hingga saat ini nilai tukar Rupiah terhadap USD atau Dollar Amerika sangat fluktuatif namun saat ini masih stabil di kisaran 12.000-14.000 Rupiah per Dollar Amerika. Nilai tukar yang berubah ubah juga telah beberapa kali merubah nilai nominal yang tertera pada uang kertas Rupiah. Saat ini ada 7 jenis nominal yang tertera yaitu Rp.1000, Rp.2000, Rp.5000, Rp.10.000, Rp.20.000, Rp.50.000, dan Rp.100.000.

Saat ini Menteri Keuangan telah dijabat oleh Sri Mulyani yang merupakan pakar di bidang keuangan. Beliau juga pernah bekerja di World Bank sebelum ditarik oleh Presiden Joko Widodo untuk menduduki singgasana Menteri Keuangan. Kita sebagai bangsa Indonesia pastinya berharap banyak kepada Ibu Sri Mulyani agar beliau dapat mengembalikan masa jaya perekonomian Indonesia dan tentunya mata uang resmi Negara kita, Rupiah dapat terus menguat seperti jaman dahulu yang berarti peningkatan drastis pada ekonomi Negara kita. (WRD)

TINGGALKAN BALASAN