Menabung! Apa sih manfaatnya?

Uang receh [foto: bhakta]

Jakarta, Semarak.news – Menabung adalah menyisihkan sebagian harta untuk disimpan. Harta yang ditabung dapat berasal dari manapun, yang penting halal. Sebaiknya menabung dilakukan secara konsisten, meskipun dalam jumlah yang sedikit.

Menabung membutuhkan kedisiplinan, karena uang yang ditabung tidak boleh dikeluarkan seenaknya. Menabung dapat dilakukan di berbagai tempat, di dompet, di bank, ataupun di celengan. Tapi mimin sarankan di bank, karena menabung di bank aman dan nyaman. Selain itu, menabung ngga harus uang, yang penting harta milik pribadi deh.

1. Bekal masa depan
Para orang tua mengajarkan anaknya untuk membiasakan diri menabung. Kebiasaan ini tentu saja ada manfaatnya, meskipun tidak dapat dirasakan saat ini, namun pasti akan membawa manfaat dikemudian hari.

2. Membiasakan diri Hemat dan Sederhana
Kebiasaan menabung akan berpengaruh pada kebiasaan lainnya. Karena kita menyisihkan sebagian uang yang kita miliki, maka kita juga mengurangi pengeluaran kita sebagian sehingga membuat kita belajar hidup hemat dan sederhana, terhindar dari sifat konsumtif.

3. Meringankan beban orang tua
Orang tua merupakan orang yang paling memperhatikan kita. Orang tua akan khawatir bila kita memiliki kebiasaan buruk, namun orang tua akan senang bila anaknya bijaksana dalam mengendalikan uang dan mengatur masa depan.

4. Modal usaha
Nah ini salah satu wujudnya, mungkin suatu hari nanti kita mau membuka usaha, kita bisa memanfaatkan tabungan kita untuk modal usaha. Jadi ngga perlu lagi utang sana sini, ngga perlu pusing-pusing cari modal, dan setelah usaha berjalan tentunya mulai menabung lagi.

5. Ikut andil membangun negeri
Nah dengan kita rajin menabung, kita dapat membuka usaha sendiri seperti UKM. UKM ini akan membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat yang mengganggur atau tidak punya modal usaha.

Demikian beberapa manfaat yang dapat dihasilkan dari kebiasaan menabung. Semoga memberikan manfaat bagi para pembaca. Karena hal besar, berawal dari hal-hal kecil. (BPF)

TINGGALKAN BALASAN