Hujan Warnai Jalannya Aksi Damai, Aliansi Umat Islam Kalbar Menuntut Ahok

Massa tiba di halaman Polda Kalimantan

Pontianak, Semarak,News – Ribuan massa yang tergabung kedalam  Aliansi Umat Islam Kalbar siang tadi selepas sholat Jum’at, memadati Polda Kalimantan Barat, Jl. Jendral Ahmad Yani, Pontianak. Berbagai ormas hadir dalam aksi tersebut seperti Front Pembela Islam, Hizbuth Tahrir Indonesia, Laskar Pembela Islam, Forum Komunikasi Mahasiswa Alawiyyin , Muhammadiyah, Nahdatul Ulama dan Keraton Kadriah. Jalannya aksi diwarnai hujan dan pengawalan oleh aparat kepolisian.

Mereka menuntut diusutnya kasus penistaan agama oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok. Aksi damai tersebut meminta agar aparat berwajib segera mengusut kasus tersebut karena hal ini menyangkut penistaan agama yang memiliki dasar hukum yang kuat dalam Undang-Undang.

Pantauan Semarak.news, ribuan massa sebelumnya berkumpul terlebih dahulu didepan masjid Mujahidin Pontianak seusai melaksanakan sholat Jum’at.  “saudara-saudara yang mau ikut aksi agar bergabung, dan mari sama sama kita konvoy menuju polda”  Ujar Imran Alhabsyi koorlap aksi.

Beberapa Massa membawa spanduk bertuliskan “Ahok melanggar KUHP Pasal 156a tentang penistaan agama, kami minta aparat penegak hukum penjarakan Ahok. “bagi masyarakat yang masih punya hati harap membela agama ini” kata Ivan salah seorang perwakilan HTI.

Aksi tersebut kemudian dilanjutkan dengan dialog antara perwakilan massa dengan perwakilan Polda Kalbar. Massa meminta agar pihak kepolisian membisikkan tuntutan ini hingga ke Presiden dan segera diusut.

Aliansi umat islam kalbar terbentuk karena, apa yang dilakukan oleh Ahok adalah suatu bentuk penistaan, pelecehan, seluruh umat islam, dan seluruh umat islam mempunyai hak untuk peduli” Ujar Ust Syahrani perwakilan FPI. Ia juga menambahkan bahwa agar aparat hukum bertindak tegas, ia juga merencanakan untuk membuat surat tembusan ke Presiden.

Aksi tersebut berlangsung lancar kemudian selesai pukul 15.00 WIB. (SL)

TINGGALKAN BALASAN