Tahun Baru Semakin Dekat, Buruh Desak Kenaikan UMP

Dream.co.id

Jakarta-Semarak.News, Mendekati akhir tahun 2016, UMP di beberapa wilayah Provinsi Indonesia, dinilai belum mampu memberikan kesejahteraan kepada buruh, dilihat dari kebutuhan hidup layak, produktivitas, dan pertumbuhan ekonomi, perlu adanya kenaikan jumlah UMP.

Kemarin, Senin 10 Oktober 2016 Buruh Ibu Kota yang tergabung dalam Gerakan Buruh Jakarta meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2017 sebesar Rp 3.831.690, hal ini dirujuk dari hasil survei yang dilakukan Asosiasi Serikat Pekerja (ASPEK) Indonesia dan FSP logam elektronik dan Mesin SPSI DKI Jakarta.

Survei tersebut berlangsung pada September 2016 di tujuh pasar tradiosional dan dua pasar modren di Jakarta, kata Anggota Dewan Pengupahan DKI Jakarta dari unsur buruh, Dedy Hartono kepada liputan6.com. Wilayahnya meliputi Cempaka Putih, Pasar Gondongdia, Pasar Jatinegara, Pasar Cengkareng, Pasar Sunter, Pasar Santa dan Pasar Koja serta Pasar pasar Hero Kemang dan Carrefour Buaran.

Selanjutnya, Rabu 12 Oktober 2016 Dewan Pengupahan Provinsi DKI Jakarta akan melaksanakan sidang untuk menetapkan UMP 2016. Hasil sidang ini akan diserahkan Kepada gubernur sebagai rekomendasi untuk menetapkan UMP melalui peraturan gubernur.

TINGGALKAN BALASAN