Cegah Banjir, Rusia Bom Sungai Beku

Vologda, Semarak.news – Sekitar 4.500 orang di sepanjang aliran Sungai Sukhona, Provinsi Vologda, di wilayah Rusia Timur Jauh,  terancam banjir besar. Ancaman banjir datang akibat meluapnya Sungai Sukhona yang tidak kuasa menampung debit air yang meningkat. Sebab lainnya karena terjadinya timbunan es di hulu sungai, akibat musim dingin.

Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah setempat memiliki solusi yang cukup unik. Alih-alih mengungsikan warga, pemerintah setempat justru menelpon angkatan udara untuk membom hulu sungai yang membeku.

Seperti dilansir Russia Today, Kepala Badan Darurat Bencana Rusia, Vladimir Puchkov mengatakan “pesawat tempur tersebut akan mengudara dan menjatuhkan bomnya satu jam sekali”.

VVS Rossiya (Angkatan Udara Rusia) segera merespon panggilan tersebut dengan mengirimkan dua pesawat tempur Sukhoi SU-34 “Fullback” dari pangkalan udara Voronezh,  dilengkapi dengan precision-guided explosives atau “bom pintar” untuk membombardir es yang membendung hulu sungai.

Pesawat tempur SU-34 “Fullback” merupakan pesawat tempur multirole-fighter tercanggih buatan Rusia saat ini. SU-34 saat ini turut dilibatkan dalam kampanye anti ISIS di Suriah. (wah).

TINGGALKAN BALASAN