El Dia De Los Muertos, Festival Hari Kematian ala Meksiko

Foto: reuters

Semarak.news – Pasti ada yang pernah menonton film yang berjudul “The Book Of Life”, salah satu film yang mengangkat tradisi dikawasan Eropa yaitu “Hari Kematian”. Dimana dalam film tersebut menunjukan pada suatu waktu setiap setahun sekali warga eropa mengunjungi makam sanak keluarga masing-masing. Tradisi ini seperti halnya “nyekar” dalam tradisi jawa atau ziarah makam pada umumnya. Tapi tidak seperti ziarah makam seperti biasanya akan tetapi mereka akan merias makam semeriah mungkin dan mengenang sanak saudara mereka yang telah meninggal karena dalam kepercayaan mereka orang yang telah meninggal akan tetap abadi jika mereka dikenang dalam semasa hidupnya.

El Dia De Los Muertos merupakan hari orang mati di Meksiko. Perayaan tradisional dimulai pada tengah malam pada malam tanggal 1 dan 2 November setiap tahunnya. Hari tersebut manjadi hari libur nasional. Di Amerika Serikat festival tersebut juga dirayakan oleh komunitas Mexican (masyarakat Meksiko yang menetap di sana).

Festival ini menandai bulan kesembilan dari kalender matahari suku Aztec. Perayaan tersebut dipimpin oleh Dewi Mictecacíhuatl atau “Lady Death” sebutan bagi wanita yang akan memimpin upacara tersebut. Namun kebiasaan ini memiliki asal yang berbeda, dan sikap mereka terhadap kematian berbeda. Pada perayaan Halloween kematian adalah sesuatu yang harus ditakuti. Tapi dalam El Dia de Los Muertos, kenangan mereka yang telah mati adalah sesuatu yang harus dirayakan. Tetapi uniknya banyak kegiatan-kegiatan dalam merayakan hari ini  seperti lima hal berikut :

  1. Menerbangkan layang-layang

todos-santos-guatemala-1nov-3Adanya penerbangan layang-layang menjadikan daya Tarik sendiri dalam perayaan “Hari Kematian”. Layang-layang yang diterbangkan bukan layang-layang seperti pada umumnya akan tetapi memiliki ukuran yang sangat besar, diwarnai dengan warna-warna yang menarik dan tentunya akan semakin memeriahkan festival El Dia De Los Muertos

  1. Banyaknya bunga Marigold

Families decorate a relative's grave with flowers at a cemetery in Tzintzuntzan, Michoacan State, Mexico on November 1, 2015 during the commemoration of Mexico's All-Saints' Day. The traditional Mexican holiday honors the dead and is celebrated annually. AFP PHOTO / Enrique Castro (Photo credit should read ENRIQUE CASTRO/AFP/Getty Images)

Bungan ini dalam tradisi masyarakat setempat dianggap sebagai matahari yang menumbuhkan harapan akan hidup dimasa setelah kematian. Bungan ini banyak digunakan saat parade maupun hiasam pada makam sanak saudara.

  1. La Catrina

sugar-skullsLa Catrina adalah sebuah boneka yang berbentuk tengkorak yang dirias secantik mungkin, tengkorang ini juga dijadikan sebagai ikon dalam setiap perayaan.

  1. Roti manis

traditional-pan-de-muertoIni merupakan kuliner yang paling dinanti dan ditunggu saat El Dia De Los Muertos berlangsung. Roti yang berbentuk seperti tulang dan beraroma sangat manis dijadikan hidangan yang wajib disuguhkan seperti halnya masakan lontong opor saat lebaran datang. Aroma manis yang dikeluarkan oleh roti ini bertujuan untuk menarik arwah-arwah untuk bangkit dan mengunjungi rumah mereka selama hidup.

  1. Menghias makam

ddlm-95_1Tidak hanya melakukan parade dijalan tetapi juga menghias makam secantik mungkin menggunakan lilin dan bunga Marigold sehingga arwa dapat ikut merasakan kebahagian dalam festival ini. [WSK]

TINGGALKAN BALASAN