Aksi Unjuk Rasa FSPMI di Kantor DPRD Sumut

Situasi Aksi Unjuk Rasa FSPMI di DPRD Sumut

Medan, Semarak.news – Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) melakukan unjuk rasa di Kantor DPRD Sumatera Utara kemarin (7/10). Sekitar 200 orang mengikuti unjuk rasa untuk menuntut penyelesaian permasalahan perusahaan di Deli Serdang.

“Marak pelanggaran hukum oleh perusahaan rakus, tetapi tidak segera diselesaikan oleh pemerintah”, ujar Tony, aktivis FSPMI.

Massa menuntut PHK yang dilakukan semena-mena oleh PT. Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart), meminta Gubernur Sumut dan DPRD Sumut untuk memanggil Bupati Deli Serdang agar menindak lanjuti rekomendasi pimpinan DPRD Deli Serdang untuk mencabut izin usaha PT. Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart), menyelesaikan uang pesangon pekerja buruh PT. Grand Continental Furniture yang perusahaannya sudah tutup sejak tahun 2013, merampungkan kasus pelanggaran hak normative dan pemberangusan serikat di PT. Girfimas dan menyelesaikan kasus PHK di PT. Yotra yang merupakan vendor PLN di Sibuan, Padang Lawas.

“Kasus-kasus perusahaan sudah berulang kali dilaporkan, tetapi tidak ada yang mampu menyelesaikan, jangan-jangan pemerintah telah disuap oleh pengusaha”, tambah Tony.

Sebelumnya, massa juga melakukan unjuk rasa di Kantor Gubernur Sumatera Utara dan sempat di undang oleh pihak Gubernur untuk melakukan diskusi. Hasil diskusi tersebut akan diumukan pada hari Senin mendatang (10/10), pihak Gubernur Sumut akan mengeluarkan surat untuk membatalkan PHK pekerja Alfamart serta perusahaan-perusahaan yang bermasalah akan segera dipanggil dinas terkait.

TINGGALKAN BALASAN