KPU Kota Kupang Siap Hadapi Polemik Masalah Hukum dalam Pilwakot Kota Kupang

Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kota Kupang

Kupang, Semarak. News – Menjelang Penetapan Calon Pilwakot Kota Kupang, ada polemik masalah yang bakal dihadapi KPU Kota Kupang terkait gugatan maupun adanya peraturan KPU yang dilanggar oleh salah satu Paslon.

Lodowyk Fredik, Kepala Devisi Teknis mengatakan bahwa masing-masing calon dari jalur independen masih kekurangan dukungan sekitar 50%. Oleh sebab itu diberikan waktu perbaikan pengumpulan dukungan, namun sampai batas akhir tidak mengumpulkan kekurangan dokumen tersebut.

“Sampai hari Jumat (1/10) pukul 16.00 WITA, mereka (Paslon Independen) tidak datang ke KPU untuk mengumpulkan berkas kekurangan dokumen, sehingga dapat dikatakan mereka tidak memenuhi syarat pencalonan.” katanya. (4/10)

Pada 24 Oktober mendatang, KPU akan mengumumkan bakal calon yang maju dalam Pilwakot Kota Kupang 2017. Pihak KPU sadar dan siap akan dampak yang bakal mereka terima mengenai gugatan yang akan diajukan oleh pihak Paslon Jalur Independen terkait dukungan yang tidak memenuhi syarat.

“Akibat keputusan KPU pada tanggal 24 tersebut, KPU terbuka ruang untuk digugat lewat PTUN dan untuk itu pihaknya sudah siap apabila digugat menggunakan jalur hukum”

Disamping itu terdapat potensi masalah hukum lain yang bakal dihadapi KPU yakni adanya Paslon Parpol yang tidak sesuai dengan UU KPU Nomor 10 Tahun 2016.

“Pada tanggal 1 Juli 2016, Paket Sahabat (Jonas Salean) telah melakukan pergantian dan mutasi pejabat di daerah, sedangkan hal tersebut bertentangan dengan pasal 71 ayat 2 UU No. 10, sehingga KPU wajib membatalkan calon tersebut.”

Meskipun demikian, pihak KPU tidak bisa membuat keputusan, pihak KPU berkonsultasi dengan pimpinan di atasnya meliputi Panwaslu, KPU Provinsi dan Pusat, serta kementerian-kementerian terkait. Apa yang menjadi rekomendasi Panwaslu, maka KPU akan menindaklanjutinya.Di dalam UU tersebut juga menyebutkan jika hal tersebut telah mendapat izin dari Mendagri, maka tidak akan menjadi masalah. (HDS)

TINGGALKAN BALASAN