ISIS Klaim Dalangi Ledakan yang Tewaskan 79 Orang di Baghdad

Warga Berkerumun di Sekitar Lokasi Ledakan Bom Mobil [Sumber : reuters.com]

Baghdad, Semarak.news – Sedikitnya 79 orang tewas dan lebih dari 131 orang mengalami luka – luka akibat ledakan bom mobil yang diklaim oleh kelompok ISIS.

Bom mobil tersebut meledak di salah satu restoran dan pusat perbelanjaan distrik Karrada, Baghdad, Sabtu (2/7) malam. Wilayah di sekitar pusat perbelanjaan itu tengah ramai dan dipadati oleh warga yang berbelanja pada sore hari.

Kemudian, bom kedua meledak di daerah yang mayoritas penduduknya merupakan warga Syiah di utara Baghdad. Bom mobil kedua tersebut menewaskan 5 orang.

Insiden ledakan bom di Irak terjadi seminggu setelah pasukan Irak berhasil menduduki kembali kota Falluja yang sebelumnya dikuasai oleh kelompok militan ISIS.

Atas kejadian ledakan bom mobil tersebut, kelompok militan ISIS mengklaim bahwa pihaknya bertanggung jawab. Pengakuan tersebut diungkapkan melalui pernyataan yang didistribusikan secara online oleh pendukung Sunni garis keras.

Ledakan bom mobil ini ternyata banyak memakan korban jiwa yang umumnya merupakan anak – anak. Kejadian ini menyebabkan terjadinya kebakaran di jalan utama dan merusak beberapa bangunan di daerah tersebut.

Pada Minggu pagi, Haider al-Abadi, Perdana Menteri Irak, mengunjungi tempat kejadian pada dan bertemu dengan warga sekitar.

Hingga saat ini, kelompok militan ISIS masih menduduki sebagian besar wilayah di Utara dan Irak, seperti kota Mosul yang merupakan kota terbesar kedua di Irak. Kendati demikian, belakangan kelompok militan ini terus mendapat tekanan dari pasukan militer Irak. (TM)

TINGGALKAN BALASAN