Juli 19, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Zelenskiy dari Ukraina bertemu dengan Prabowo dari Indonesia, pejabat AS di Dialog Shangri-La Singapura

Zelenskiy dari Ukraina bertemu dengan Prabowo dari Indonesia, pejabat AS di Dialog Shangri-La Singapura

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyi bertemu dengan kepala negara dan anggota parlemen Singapura Setelah tiba untuk kunjungan mendadak pada Sabtu malam dan Minggu dini hari untuk mencari dukungan bagi KTT Bantuan Keamanan dan Perdamaian. Percakapan Shangri-La.
Di situs media sosial X, Zelensky mengaku pernah bertemu IndonesiaPemilihan presiden, Bravo Subianto; Delegasi dari Kongres AS; dan Presiden Timor TimurJose Ramos-Horta.

“Sangat penting bagi kita untuk memulai proses mewujudkan perdamaian yang adil,” kata Zelensky. “Rusia tidak ingin mengakhiri perang. Oleh karena itu, seluruh dunia harus bekerja sama untuk mendekatkan perdamaian.

Zelensky berbicara dengan Prabowo, yang sekarang menjadi menteri pertahanan Indonesia, selama pembicaraan Shangri-La. Foto: Handel melalui Layanan Berita Kepresidenan Ukraina/AFP

“Mengenai krisis Ukraina, Tiongkok telah mendorong perundingan perdamaian dengan pendekatan yang bertanggung jawab,” katanya. “Kami tidak pernah memasok senjata ke kedua pihak yang berkonflik. Kita telah memberlakukan pembatasan ketat terhadap ekspor barang-barang yang memiliki kegunaan ganda dan tidak melakukan apa pun untuk memperparah masalah ini. Kami berdiri teguh di sisi perdamaian dan dialog.

Rusia Sejak invasinya ke Ukraina pada tahun 2022, mereka belum pernah menghadiri pertemuan puncak keamanan di Singapura.

Zelensky dan Menteri Pertahanannya Rustem Umerov mengadakan pembicaraan dengan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin selama lebih dari satu jam pada hari Minggu di sela-sela konferensi.

Austin memberikan informasi terbaru kepada Zelensky mengenai bantuan militer Washington dan “menegaskan kembali komitmen AS untuk mempertahankan dukungan yang kuat” selama pertemuan tersebut, kata seorang pejabat Pentagon setelah pertemuan tersebut, yang berbicara tanpa menyebut nama karena sensitifnya masalah tersebut.

“Kedua pemimpin berjanji untuk lebih memperkuat kemitraan pertahanan strategis antara Amerika Serikat dan Ukraina,” kata pejabat Pentagon itu.

Zelensky dijadwalkan untuk berbicara dengan topik “Membayangkan Kembali Solusi untuk Perdamaian Global dan Stabilitas Regional” pada sesi diskusi terakhir KTT Keamanan pada hari Minggu.

Ukraina menghadapi serangan baru oleh pasukan Rusia, khususnya di wilayah timur laut kota Kharkov. Itu Amerika Rusia baru-baru ini melonggarkan pembatasan penggunaan senjata yang dipasok AS untuk menyerang sasaran, yang menurut para ahli dapat membantu meredam serangan Ukraina sebelum meningkat.

Dialog Shangri-La, yang diselenggarakan oleh Institut Studi Strategi Internasional yang berbasis di London, berakhir pada hari Minggu.

READ  Orang Terkaya Indonesia (21 November 2023)