Usai Asian Games Arus WNA Meningkat

Asian Games 2018 www.asiangames2018.id

Palembang, Semarak News – Perhelatan Asian Games 2018 telah usai pada minggu (2/9/2018) lalu. Namun demikian, adanya event tersebut secara signifikan berdampak terhadap jumlah warga negara asing (WNA) yang keluar masuk wilayah Palembang.

Terhitung dari tanggal 9-19 Agustus lalu, jumlah WNA yang melintas di Terminal Pelabuhan Imigran (TPI) Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II sebanyak 573 orang, sedangkan pada 21 Agustus hingga 2 September tercatat sebanyak 304 orang.

Kalau dibandingkan dengan kondisi normal, ini ada peningkatan sekitar 20 – 30 persen. Jumlah tersebut berasal dari berbagai negara peserta Asian Games 2018 dan juga dari Eropa, Australia. Seperti Rusia, Irlandia, Polandia dan Belanda.

“Tapi, data ini hanya untuk partisipan dan altlet saja. Kalau dengan masyarakat biasa, pasti jauh lebih banyak lagi,” ujar Kepala Kantor Imigrasi Klas I Palembang, Budiono.

Namun demikian tidak ada perbedaan meskipun yang bersangkutan adalah official dan atlet tetap dilakukan pemeriksaan secara ketat seperti halnya WNA lain yang masuk ke wilayah hukum Kantor Imigrasi Klas I Palembang.

“Tidak ada perbedaan yang kita lakukan, semuanya sama saja. Namun memang, mereka ini melalui pintu khusus tidak seperti WNA biasa. Sebab sifatnya mereka ini tamu,” tegasnya.

Untuk data kedatangan dari WNA ke Kota Palembang, tercatat hingga Agustus lalu mencapai 1.076 orang, baik menggunakan visa (36 orang) ataupun bebas visa (1.40 orang).

Tujuannya pun bermacam-macam, selain untuk menonton pertandingan Asian Games ada pula yang datang untuk keperluan bisnis di Palembang.

“Walaupun perhelatan Asian Games sudah rampung, kita terus melakukan pengawasan terhadap keberadaan WNA tadi di Palembang, ini untuk memastikan WNA tadi tidak menyalahi izin dan melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Kasi Lantaskim Kantor Imigrasi Klas I Palembang, Firman.(FP)

 

TINGGALKAN BALASAN