Tolak UU MD3, Ratusan Mahasiswa Sidoarjo “Kuasai” Gedung DPRD

SOMASI (Solidaritas Mahasiswa Sidoarjo) di dalam Gedung DPRD Kab. Sidoarjo

Sidoarjo, Semarak.news- Ratusan mahasiswa Sidoarjo yang tergabung dalam Somasi (Solidaritas Mahasiswa Sidoarjo) melakukan aksi unjuk rasa terkait penolakan UU MD3 di Gedung DPRD Kabupaten Sidoarjo, Kamis, (15/3/2018). Somasi sendiri merupakan Gabungan mahasiswa dari PMII, HMI, IMM, PMKRI dan BEM se-Sidoarjo.

Sebelum memasuki Gedung DPRD, ratusan mahasiswa peserta aksi tersebut melakukan long march dari GOR Sidoarjo terlebih dahulu. Selama long march menuju DPRD berlangsung, dengan penuh semangat para mahasiswa terus menyanyikan lagu-lagu perjuangan mahasiswa dan membagikan selembaran kepada masyarakat yang berisi tuntutan terhadap penolakan UU MD3.

Para peserta aksi melakukan long march menuju Gedung DPRD.

Saat tiba di depan Gedung DPRD Sidoarjo, SOMASI berorasi meminta agar UU MD3 dibatalkan. Pada mulanya, aksi berjalan tertib dan lancar. Namun, karena tidak ada satupun wakil rakyat yang menemui di depan gerbang, ratusan mahasiswa pun menerobos masuk ke dalam gedung DPRD Sidoarjo.

Mahasiswa yang berhasil memasuki dan menduduki ruang rapat dewan, akhirnya di temui oleh empat anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo, yaitu Isa Hasanudin Komisi A dari fraksi PKB, Kusman Komisi A dari fraksi PKS, Silvester Komisi A dari Fraksi Golkar Bintang Persatuan (FGBP) dan Hamzah Purwandoyo Komisi B dari fraksi PKB.

Dalam pertemuan tersebut, belum mencapai titik temu antara mahasiswa dan anggota Dewan. Pihak anggota dewan mengajak kembali berdiskusi dengan mahasiswa ini terkait penolakan Undang-undang MD3 pada Selasa depan (21/3/18).

Pemimpin massa,  Muh Zakaria mengatakan dalam pertemuan minggu depan nantinya mahasiswa berharap  ketua dewan untuk datang dan menandatangani pernyataan sikap. Agar nanti dapat dijadikan bukti untuk mengajukan pengaduan ke Mahkamah Konstitusi. (HA)

TINGGALKAN BALASAN