PAILELANG, SEMARAK.NEWS | PEMBUKAAN jalan baru melalui program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Desa Pailelang Kecamatan Alor Barat Daya (ABAD) memiliki manfaat ganda yang akan dirasakan masyarakat setempat. Sebab lewat program ini TNI membantu meringankan beban masyarakat dengan menciptakan akses jalan baru.

Progres fisik pun kini mencapai 20 persen dari target 1,4 Kilometer. Jalan baru ini akan menghubungkan kampung Tamal Muhumung menuju Padang Baru.

Seperti penelusuran wartawan ke lokasi, beberapa warga Pailelang yang melintasi jalan tersebut mulai merasakan manfaatnya. Pasalnya selama ini, sebelum jalan dibuka warga harus berjalan kaki dengan waktu tempuh 3 jam perjalanan.

Alat berat Excavator membongkar jalan baru di Desa Pailelang dalam rangka program TMMD ke 105

Sekarang sudah mempermudah juga memperlancar aktifitas kami dalam membawa hasil perkebunan untuk dipasarkan. Dulu, kami hanya mampu bawa setengah karung kemiri tapi sekarang kami sudah bisa bawa 1 karung bahkan lebih karena kenderaan sudah bisa masuk,” ungkap warga Desa Pailelang bernama Imanuel Lampada ketika ditemui wartawan di lokasi pembongkaran jalan baru, Jumat, (5/7/19) siang.

Selain itu, kata Imanuel, sebelum jalan dibuka warga dari perkampungan yang ingin bepergian ke jalan utama selanjutnya menuju ke Kota Kalabahi, harus berjalan kaki dengan waktu tempuh 3 jam perjalanan. “Terima kasih TNI karena sudah meringankan beban kami. Dulu kami jalan kaki 3 jam sekarang sudah tidak. Kami merasa bersyukur dengan program TMMD ini,” ujar Lampada.

Warga lainnya bernama Kristina Ledang juga menyampaikan hal yang sama. Kristina menyebutkan selama ini dirinya merasa berat ketika musim pilih kemiri juga musim berladang. “Jalannya susah, bawa hasil pun sama capeknya. Sekarang bapak-bapak tentara buka jalan ini saya sudah merasa ringan,” ujar Kristina.

Kalau masih pikul kami hanya bisa bawa setengah sampai 1 karung yang kalau diuangkan Rp. 900.000 sampai Rp 1.000.000. Sekarang motor sudah bisa naik disini jadi bisa bawa 2 karung sekaligus, jadi lumayan buat kebutuhan keluarga dan pendidikan anak,” ungkapnya lagi.

Sementara itu, Sekretaris Desa Pailelang Michail Kamaleng mengatakan mendukung kegiatan TMMD karena langsung bersentuhan dengan masyarakat.

Mewakili pemerintah desa dan masyarakat Pailelang merasa bangga. Kegiatan ini juga telah membangun lahan-lahan tidur yang selama ini belum dimanfaatkan khususnya di wilayah yang belum terjangkau,” katanya.

Menurutnya, dengan pembukaan jalan ini juga berimbas pada penguatan ekonomi masyarakat yang semakin membaik.

Pendapatan masyarakat juga perlahan mulai terasa. Kedepan jika ada program lagi yang masuk ke desa kami, dengan terbuka kami akan menerimanya dengan suka cita,” pungkas Michail Kamaleng. *(tim)

LEAVE A REPLY