Tekonologi 5G Akan Siap Meluncur di Indonesia 2020 mendatang

0
118

           Jakarta, Semarak.News- Layanan Teknologi Jaringan Internet saat ini sudah mengalami 5 kali pengembangan atau lima generasi untuk yang pertama 1G (analog voice), 2G (Digital voice), 3G (Mobile Broadband) dan yang saat ini sedang kita nikmati yaitu jaringan 4G/Lte (long-term-evolution), di Indonesia sendiri banyak smartphone dari berbagai vendor smartphone yang berbasis android atau ios yang sudah mendukung jaringan 4G, jaringan ini dapat menembus batas kecepatan hingga 500 MB per detik namun kecepatan jaringan ini dapat dinikmati tergantung dengan operator yang kita gunakan.

          Namun generasi penerus dari jaringan 4G sudah hadir yaitu jaringan 5G jaringan ini adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan generasi teknologi jaringan mobile kelima yang akan datang, muncul beragam dugaan tentang kecepatan jaringan 5G namun beberapa vendor perusahaan penyedia jasa jaringan internet atau operator mengatakan bahwa jaringan 5G menjanjikan kecepatan transfer data hingga 10 GB per detik, mencapai dua puluh kali lipat dari LTE. Tujuan awal pengembangan teknologi ini yaitu untuk mempermudah  industri, robot, sensor, kendaraan, wadah dan hal-hal serupa.

           Untuk saat ini teknologi 5G ini baru hanya dapat dinikmati oleh beberapa perusahaan pengembang namun pemerintah Indonesia berkomitmen pada tahun 2020, layanan teknologi 5G akan dapat dinikmati secara komersil di Indonesia. Tetapi Indonesia seharusnya fokus terlebih dahulu terhadap optimalisasi penggunaan jaringan 4G long-term-evolution (LTE) sebelum mengadopsi teknologi tersebut karena penetrasi 4G di Indonesia masih amat rendah, hanya sekitar 30 persen. Padahal idealnya pemanfaatan jaringan 4G di Indonesia berada di kisaran 80 persen. Hal ini terjadi karena berbagai macam alasan dimulai dari ponsel yang tidak mendukung jaringan 4G, kartu yang tidak support 4G, dan juga masyarakat yang merasa jaringan 2G/3G saja sudah cukup. Meski demikian pemerintah sendiri akan tetap berkomitmen untuk mengembangkan jaringan 5G di Indonesia agar dapat di nikmati secara komersil di tahun 2020. (SNH)

LEAVE A REPLY