Jakarta, Semarak.news – WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan untuk smartphone, untuk fungsinya sendiri hampir sama dengan aplikasi SMS yang ada pada ponsel. Dalam penggunaannya memerlukan data internet untuk dapat dijalankan. Aplikasi ini kini populer di kalangan masyarakat, menurut survey per-September 2015 pengguna aktif WhatsApp mencapai 900 juta orang.

Dengan semakin bertambahnya pengguna, WhatsApp terus mengembangkan fitur-fiturnya agar lebih memudahkan penggunaannya. Saat ini WhatsApp sedang mengembangkan fitur biometrik terbaru bagi penggunanya. Fitur ini masih bersifat beta tester sehingga masih belum bisa dirasakan oleh masyarakat.

Untuk fitur yang dikembangkan tersebut memiliki berbagai keunggulan seperti pengguna akan dijamin kerahasiaannya dengan mengenkripsi dan menyimpan di perangkat dan tidak lagi di server WhatsApp.

Selain itu fitur yang masih dikembangkan tersebut memungkinkan pengguna membuka dan mengunci aplikasi WhatsApp dengan wajah atau sidik jari. Fitur ini akan  hadir secepatnya namun saat ini hanya terdapat di platform WhatsApp untuk iOS. Pengguna  dapat merasakan fitur Touch ID atau Face ID pada saat memperbarui aplikasi ini ke versi terbaru.

Untuk dapat merasakan  fitur ini pengguna harus mengaktifkan fitur tersebut di menu “Privacy” WhatsApp. Pilih menu Setting>Account>Privacy, setelah itu pilih menu “Sreen Lock” pada halaman Privacy, nantinya pengguna akan di hadapkan dengan opsi yang digunakan untuk mengatur fitur tersebut.

Setelah itu pengguna diharuskan untuk mengaktifkan  “Require Face ID”. Di dalam fitur ini pengguna bisa mengatur jangka waktu untuk penguncian aplikasi tersebut secara otomatis sehingga dapat terjamin keamanannya.

Apabila pengguna telah menentukan waktu untuk penguncian pesan tersebut maka utnuk dapat membuka kembali pengguna harus melakukan pemindaian Face ID yang telah didaftarkan tersebut. Apabila terjadi gangguan sehingga pengguna tidak dapat membuka aplikasi dengan Face ID atau Touch ID maka pengguna bisa memasukkan passcode iPhone yang ada pada ponsel pengguna.

WhatsApp sendiri akan terus mengembangkan fitur-fitur yang bermanfaat yang ditunjukkan untuk kenyamanan dan keamanan pengguna sehingga dapat merasakan keamanan dalam menggunakan  aplikasi tersebut. (MSL)

LEAVE A REPLY