Aimas, Semarak.News – Kepala Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (Kominstaper) Kabupaten Sorong, Marthen Nebore, S.Sos,M.Si menghadirkan Sistem Integrasi Data dan Informasi (Sidasi) guna memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sorong.

Sidasi yang dihadirkan tersebut merupakan Proyek Perubahan (Proper) ketika mengikuti Diklat Kepemimpinan Tingkat II di Lembaga Administrasi Negara (LAN) Makassar yang saat ini memasuki tahap penyusunan.

“Selama 3 minggu kami mendapatkan pelatihan di LAN Makassar, sekarang sudah memasuki tahapan penyusunan proper,” terangnya kepada Radar Sorong, di Kediaman Bupati Sorong, baru-baru ini.

Proper Sidasi yang dibuat untuk mengintegrasikan informasi dari seluruh OPD merupakan jangka pendek karena waktu yang diberikan hanya 2 bulan. Meski demikian, Sidasi tersebut juga telah dipersiapkan untuk jangka menengah dan panjang. “Sidasi dibuat dengan 5 sampel dari OPD yakni, BPKAD, BKD, PTSP, Disnaker, Dispenda dan Disdukcapil,” bebernya.

Adapun cara kerja Sidasi tersebut, nantinya berasal dari informasi pada setiap OPD lalu kemudian melalui Sidasi yang dihubungkan ke Jaringan Komunikasi Daerah (Jarkomda) dan diteruskan melalui Website Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sorong.

“Tidak semua data diinformasikan, data prinsip misalnya. Tapi Sidasi membuat informasi yang diterima lebih efisien dan efektif,” katanya.

Kegiatan Diklat Kepemimpinan Tingkat II yang dilaksanakan di Makassar, tidak hanya diikuti oleh Kominfo, melainkan dari Sekretariat Dewan, Disnaker, Dispenda dan Satpol PP.

Sumber: https://www.radarsorongnews.com/2020/05/27/kominfo-hadirkan-sidasi-untuk-informasi/

LEAVE A REPLY