Jakarta, Semarak.News – Aplikasi Whatsapp (WA) saat ini tengah berusaha mengembangkan dark mode yang nantinya bakal digunakan pada Whatsapp Web Dekstop. Setelah berhasil menguji coba di versi beta Android, mode gelap Whatsapp akan diuji coba pada dekstop.

Akan tetapi, karena fitur ini dalam proses pengembangan, Whatsapp akan melakukan beberapa perubahan sebelum diluncurkan ke publik.

Walaupun belum ada kabar resmi dari tim Whatsapp mengenai mode gelap untuk dekstop mendatang, salah satu member XDA membeberkan akan mengembangkan fitur mode gelap untuk pengguna Whatsapp Web dan Dekstop. Dalam unggahannya di Twitter, @m4heshd mengungkapkan rangkaian kode yang mengarah ke mode gelap (v0.4.930).

Mode gelap yang sedang dikembangkan saat ini diklaim cukup gelap walaupun tidak memiliki warna hitam yang pekat seperti yang dimiliki oleh OLED (Organic Light Emitting Diode). Hal ini dikutip dari Android Authority yang mengungkapkan bahwa WABetaInfo sedang berusaha mengembangkan mode gelap dengan membawa fitur ini ke Web dan aplikasi Dekstop.

Seperti yang diketahui, mode gelap ini baru bisa digunakan di Whatsapp versi beta dengan memperbarui aplikasi ke versi 2.20.13 di Google Play Store. Sedangkan pengguna yang lain (bukan termasuk beta tester) dapat mengunduhnya melalui situs seperti APK Mirror.

Adapun untuk mengaktifkan fitur ini dapat dilakukan dengan mudah, yaitu :

  1. Klik ikon 3 vertikal (pojok kanan atas)
  2. Menu “Setting” (Pengaturan)
  3. Chat (Percakapan)
  4. Theme (Tema)
    1. System Default
    2. Mode Terang
    3. Mode Gelap

Setelah aplikasi diperbarui, akan muncul pilihan tema baru yaitu mode gelap. Apabila ingin mengganti ke dalam tema terbaru, pilih mode gelap. Hasilnya, tampilan Whatsapp akan berubah menjadi warna gelap yang dipadu dengan warna putih untuk tulisan bagian teks seperti nama kontak dan pesan. Sementara warna khas Whatsapp atau warna hijau akan muncul pada menu yang dipilih. Kemudian di ruang percakapan, tampilan akan berubah menjadi gelap dengan kolom pesan terkirim berwarna hijau tua dan pesan yang diterima berwarna gelap. Kurang lebih seperti itulah tampilan aplikasi Whatsapp terbaru.

Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa fitur ini masih terbatas dengan pengguna yang bisa menikmati mode gelap adalah beta tester saja. Artinya, belum semua penggunan Android bisa mencoba fitur ini.

LEAVE A REPLY