DPM-PTSP Raja Ampat Selenggarakan Pelatihan GIS dan Drone

DPM-PTSP Raja Ampat Selenggarakan Pelatihan GIS dan Drone

0
8
Peserta kegiatan Pelatihan GIS dan Drone, Senin (16/12). (Foto:TN/Arsul)

Sorong, Semarak.News – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) melaksanakan pelatihan Geographic Information System (GIS), penggunaan aplikasi Forest Watcher, aplikasi Avensa Maps dan penggunaan drone, Senin (16/12/2019).

Yang menjadi peserta kegiatan ini, adalah ASN dan pegawai honorer dilingkup DPM-PTSP dan OPD terkait,  serta operator homestay dalam wilayah Kabupaten Raja Ampat.

Kepala DPM-PTSP Kabupaten Raja Ampat, M. Said Soltief menjelaskan bahwa perkembangan teknologi yang kini masuk dalam ranah kerja dan pelayanan pemerintah, harus dimanfaatkan dengan bijak dan mengikuti proses pembaharuan.

Menurutnya, DPM-PTSP Raja Ampat sendiri sangat membutuhkan aplikasi teknologi yang mendukung kerja dalam fungsi dan sistem perijinan dan permodalan. Terlebih dalam aplikasi kewilayahan sangat diperlukan untuk memetakan wilayah dan potensi yang ada di Raja Ampat.

“Kami mengikutsertakan pelaku usaha wisata homestay sebagai bentuk memperdayakan pengusaha lokal dalam memanfaatkan teknologi untuk mempromosikan usahanya, misalkan paket wisata berupa video perjalanan dengan drone di homestaynya. Juga, setelah pelatihan ini, peserta pun akan mendapatkan sertifikat yang dapat berlaku secara nasional,” jelas Said Soltief.

Bupati Raja Ampat, diwakili oleh Kepala Inspektorat Raja Ampat, Muhidin Tafalas menyampaikan bahwa pembangunan di Raja Ampat umumnya membuka lahan hutan. Sehingga dengan menggunakan aplikasi seperti pengamatan hutan dan pemetaan, selain menghemat biaya, tenaga dan waktu, hasil yang didapatkan bisa lebih dimanfaatkan dan pertimbangan untuk banyak hal.

“Olehnya, seperti yang disampaikan sebelumnya, kemajuan teknologi harus diikuti dengan bijak dan mengikuti perkembangan dengan baik agar bermanfaat,” ujar Muhidin Tafalas.

Sumber: https://www.teropongnews.com/dpm-ptsp-raja-ampat-selenggarakan-pelatihan-gis-dan-drone/

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY