Supermoon Datang lagi, Apakah Indonesia Termasuk yang Beruntung?

0
273

Supermoon 21 Januari 2019

Jakarta Semarak News – Topik tentang fenomena bulan super atau Supermoon akan datang kembali pada 19 Februari 2019 setelah sebelumnya muncul pada 21 Januari lalu. Jarak terdekat bulan dengan bumi pada 19 Februari nanti lebih dekat dari sebelumnya.

Supermoon adalah peristiwa langit saat Bulan berada dalam jarak terdekatnya dengan Bumi, dan peristiwa langit ini selalu terjadi saat Bulan sedang dalam tahap purnama.

Sebutan supermoon baru ditemukan pada tahun 1979 oleh richard Nolle, dan peristiwa langit tersebut disebut supermoon kalau bulan berada pada jarak sekitar 90 persen dari titik terdekatnya dengan Bumi.

Jarak Bulan yng selalu berubah-ubah ini karena gerakan atau jalur mengorbit Bulan pada Bumi tidak berbentuk lingkaran. Jalur mengorbit Bulan ini ternyata berbentuk oval. Inilah yang menyebabkan Bulan kadang bisa berada di jarak terjauh atapun menjadi sangat dekat dengan Bumi. Sedangkan jarak rata-rata Bulan dengan Bumi sekitar 382.900 kilometer dari pusat Bulan ke pusat Bumi.

Gerhana bulan ini sebenarnya dapat dilihat dari negara manapun saat malam hari dan langit cerah. Tapi di beberapa daerah, gerhana bulan akan terlihat secara utuh

Pada gerhana bulan yang lalu pada 21 Januari 2019 mendatang, wilayah yang bisa menyaksikannya dengan jelas adalah Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika, dan sebagian wilayah Asia.

Sayangnya, meskipun beberapa wilayah di Asia dapat menyaksikan gerhana bulan ini, ternyata Indonesia bukan salah satu negara yang beruntung bisa menyaksikannya.

Bulan purnama supermoon terbenam di atas teleskop radio RT-70 di desa Molochnoye, Krimea, 2 Januari 2018. Menurut NASA, saat supermoon bulan tampak 30 persen lebih terang dan 14 persen lebih besar dari biasanya. REUTERS/Pavel Rebrov

Fenomena bulan super atau Supermoon datang lagi. Waktunya pada 19 Februari 2019 setelah sebelumnya muncul pada 21 Januari lalu. “Purnama saat bulan mencapai jarak terdekatnya dengan bumi,” kata Avivah Yamani, penggiat astronomi dari komunitas Langit Selatan Bandung, Senin, 11 Februari 2019.

Jarak terdekat bulan dengan bumi pada 19 Februari nanti lebih dekat dari sebelumnya. Rentangnya mencapai 356.761 km. Sementara pada Supermoon 21 Januari lalu, jarak terdekat bumi dengan bulan tercapai sehari setelahnya sejauh 357.342 kilometer.

LEAVE A REPLY