Kondisi Sungai Lematang Semakin Memprihatinkan

Lahat, Semarak.news – Warga Desa Banjar Negara, Kecamatan Lahat Selatan saat ini sedang dilanda rasa gelisah. Bagaimana tidak, saat ini aliran Sungai Lematang terus mengalami pengikisan setiap harinya, bahkan dapat mengancam pemukiman penduduk. Curah hujan yang tinggi dalam beberapa minggu terakhir, membuat debit Sungai Lematang terus mengalami peningkatan.

Pohon yang selama ini diharapkan mampu jadi penahan, justru saat ini mulai tumbang secara  satu -persatu. Amir Hamzah yang tinggal didaerah sekitaran Sungai Lematang mengatakan, hal ini sudah kerap kali disampaikan kepada pemerintah desa agar dapat dibangunkan dinding penahan di sekitar Sungai Lematang.

“Apabila dibiarkan terlalu lama lagi. Dikhawatirkan semakin melebar dan mengancam pemukiman penduduk,” ujar Amir

Kades Banjar Negara, Suldan Helmi mengaku, telah mengusulkan kepada Pemkab Lahat bahkan sampai ke Pemerintah Pusat.

“Memang ditepian berseberangan dengan Plaza Tepian Lematang, harus didirikan dinding penahan. Pengikisan terus terjadi, mengancam rumah warga,” ungkapnya.

Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lahat, Marjono juga mengatakan telah menganjurkan anggaran pembangunan dinding penahan tepian kiri Sungai Lematang ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Memang kondisi membahayakan. Saat ini sedang digodok, sedangkan besaran dana dan kapan masih menunggu kucuran dari pusat,” katanya. (HZ)

TINGGALKAN BALASAN